13 April 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Sehari Sebelum Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Kabupaten Kediri Gelar Upacara Tawur Agung Kesanga Untuk Membersihkan Bhuana Agung dan Bhuana Alit

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas) Sehari sebelum memasuki hari raya Nyepi, umat Hindu melakukan upacara Tawur Agung Kesanga. Upacara Tawur Agung Kesanga merupakan salah satu rangkaian dari keseluruhan rangkaian acara hari raya Nyepi.

Untuk umat Hindu Kabupaten Kediri upacara Tawur Agung Kesanga di laksanakan di perempatan Tugu Garuda Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, pada hari Minggu (10/3).

Ratusan umat Hindu dari berbagai daerah di Kabupaten Kediri ini sejak pagi sekitar pk. 05.00 wib, telah memadati lokasi Tugu Garuda yang terletak di sebelah Barat RSUD Kabupaten Kediri.

Menurut Ketua PHDI Kabupaten Kediri Murtaji, makna dari Tawur Agung Kesanga adalah untuk membersihkan Bhuana agung (alam semesta) dan Bhuana alit ( mikrokosmos) . Upacara ini dilakukan untuk membersihkan alam semesta. Maksudnya untuk mengusir keburukan dari sekitar kita, sehingga dalam melaksanakan brata penyepian yang dimulai besok ( Senin, red) mendapatkan kesucian, terangnya.

Pensiunan Pengawas Agama Hindu pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini menambahkan, dalam upacara Tawur Kesanga ini terdapat Ogoh-Ogoh dari berbagai ukuran dan rupa. Ogoh- Ogoh merupakan gambaran dari sifat buruk dan jahat manusia.

” Setelah Upacara Tawur Kesanga, akan dilakukan pawai Ogoh-Ogoh dari Tugu Garuda menuju Taman kilisuci. Sesudah pawai Ogoh-Ogoh akan di bawa kembali oleh umat ke daerahnya, untuk dilakukan pawai di lingkungan masing-masing, dan selanjutnya akan di bakar sebagai simbol pembersihan sifat kotor dan jahat manusia” katanya.

Pria gemar olahraga Badminton ini juga menerangkan bahwa, sebelum melakukan upacara Tawur Agung Kesanga, umat Hindu Kabupaten Kediri telah melaksanakan upacara Melasti yang dipusatkan di Waduk Siman Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Upacara Melasti bertujuan untuk menyucikan jiwa dan raga serta menghormati alam dan mengingatkan akan kelestarian lingkungan, tuturnya.( Paulo/Pras/Indra)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.