13 April 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Hilal Tidak Terlihat di Markas Rukyatul Hilal MAN 3 Kediri

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab Kediri (Inmas) Hari Minggu (10/3) Tim Hisab Rukyat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, yang memantau hilal di Markas Rukyatul Hilal MAN 3 Kediri mengalami kegagalan dalam melihat hilal. Pengamatan yang dilakukan di menara MAN 3 Kediri Kandangan tidak berhasil karena terhalang oleh awan.

Walaupun beberapa anggota Tim secara bergantian membidik hilal melalui alat-alat seperti teleskop, tetapi obyek yang diincar dari pk. 17.45-17.47 ini tetap saja tidak terlihat.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz yang turut hadir saat Tim pemburu hilal gagal melihat hilal, meminta agar tim tidak perlu berkecil hati karena tidak berhasil melihat hilal. Beliau berharap semoga di tempat lain ada yang bisa melihat hilal.

Namun demikian, apapun hasil yang didapatkan hari ini, Kepala Kantor meminta agar tetap di laporkan kepada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur.

Beliau menambahkan, hilal merupakan momen penting dalam penentuan awal bulan Ramadan. Meskipun kali ini hilal belum terlihat, kita tetap berharap agar momen ini dapat dilihat pada kesempatan berikutnya. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan penuh berkah, harapnya.

Kepala Kantor juga menyatakan bahwa, apabila dalam menentukan 1 ramadhan terdapat perbedaan, masyarakat diminta untuk tetap menyikapi perbedaan itu secara bijak. Tetap saling menghormati satu sama lain, agar suasana Ramadhan 1445H berlangsung dengan aman, khidmat dan lancar.

Adapun yang hadir dalam kegiatan Rukyatul hilal di MAN 3 Kediri antara lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Kasubbag TU M. Tontowi Jauhari, Kasi Bimas Islam Agus Salim, Penyelenggara Zakat dan Wakaf M. Dhofir, Perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kota Kediri, perwakilan dari Pengadilan Agama Kabupaten Kediri, perwakilan dari ormas Islam seperti NU, Muhamadiyah dan LDII.( Paulo/Pras/ Indra)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.