23 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Pengawas Madrasah Kemenag Kediri Sosialisasikan dan Dampingi Tugas Kepengawasan

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (MTsN 2) Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Sabilal Rosad, mengadakan sosialisasi dan pendampingan tugas kepengawasan kepada para kepala madrasah di wilayah binaannya pada hari Rabu, 8 Februari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mutu layanan madrasah dalam menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan strategi dan metode yang relevan.

Sabilal Rosad menjelaskan bahwa sosialisasi dan pendampingan tugas kepengawasan ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4831 Tahun 2023 tentang Pendampingan oleh Pengawas Sekolah dan Pengawas Madrasah. Ia mengatakan bahwa pengawas madrasah memiliki peran penting dalam membantu, memberi masukan, dan memberi umpan balik kepada kepala madrasah dalam melaksanakan program kerja dan anggaran madrasah, mengembangkan kurikulum operasional madrasah, memantau dan mengevaluasi pembelajaran, serta memberdayakan komunitas belajar.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi dan pendampingan ini, para kepala madrasah dapat lebih memahami dan menerapkan konsep merdeka belajar di madrasah mereka. Kami juga berharap agar para kepala madrasah dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan,” ujar Sabilal Rosad.

Kegiatan sosialisasi dan pendampingan tugas kepengawasan ini digelar di MTsN 2 Kediri. Jamiluddin, ketua KKM sekaligus kepala MTsN 2 Kediri menyampaikan apresiasi positifnya tentang acara ini. Bersama kepala madrasah tsanawiyah anggota KKM MTsN 2 Kediri yang berjumlah 8 orang mengaku senang dan berterima kasih atas bimbingan dan dukungan yang diberikan oleh pengawas madrasah. Mereka juga berkomitmen untuk mengimplementasikan hasil sosialisasi dan pendampingan ini di madrasah masing-masing.

“Kami sangat terbantu dengan adanya sosialisasi dan pendampingan ini. Kami merasa lebih paham dan siap untuk menjalankan tugas kepengawasan di madrasah kami. Kami berharap agar pengawas madrasah terus memberikan kami arahan dan motivasi agar kami dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik,” ucap salah satu kepala madrasah tsanawiyah anggota KKM MTsN 2 Kediri .(Jamil/Ali)

#KementerianSemuaAgama

#KediriBerbudaya

l

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.