15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Gelar Baksos Moderasi Beragama, Ini Kata Kepala Kantor : Bantu Ringankan Beban Masyarakat, Rekatkan Hubungan Antar Umat Beragama

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas ) Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 78 Kementerian Agama Republik Indonesia, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri menggelar Bakti Sosial Moderasi Beragama pada Selasa, 9 Januari 2024. Kegiatan yang bertemakan KEMENTERIAN AGAMA MENYAPA UMAT ini,dipusatkan di Desa Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, dan juga untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Kediri.

Bakti Sosial Moderasi Beragama ini berupa pembagian sembako kepada warga kurang mampu lintas Agama antara lain, Muslim, Kristen, Katolik dan Hindu yang ada di Desa Bedali Kecamatan Ngancar.

Kegiatan ini melibatkan para pejabat dan pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Pengurus DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, serta perwakilan dari berbagai organisasi keagamaan, seperti NU, Muhammadiyah, Kristen, Katolik, dan Hindu.

Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Kediri, Achmad Fa’iz, mengatakan bahwa bakti sosial dengan tema “KEMENTERIAN AGAMA MENYAPA UMAT” merupakan salah satu wujud pengabdian dan tanggung jawab keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri kepada masyarakat.

“Kita ingin menunjukkan bahwa Kementerian Agama tidak hanya mengurus urusan Agama dan keagamaan, tetapi juga peduli dengan kesejahteraan dan keharmonisan umat beragama. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk saling membantu satu sama lain, tanpa melihat latar belakang Agama, Suku dan Ras, ujarnya.

Kepala Kantor juga memuji Desa Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri yang dianggap merupakan Miniatur Indonesia. Karena walaupun di Desa Bedali masyarakatnya memeluk berbagai Agama yang berbeda, namun mereka tetap hidup rukun damai dan harmonis.

Oleh karena itu Kepala Kantor meminta agar kerukunan dan kedamaian yang sudah tercipta di Bedali tetap di jaga dan di rawat dengan sebaik-baiknya, harapnya.
Sementara itu, salah satu penerima bantuan sembako, Poniyah mengucapkan terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri atas bantuan yang diberikan.

“ Saya sangat bersyukur dan senang mendapatkan bantuan ini. Ini sangat membantu saya dan keluarga saya, apalagi di saat-saat seperti ini. Saya juga mengapresiasi kegiatan bakti sosial Kemenag Menyapa Umat ini, karena menurut saya ini sangat penting untuk menjaga kerukunan antar umat beragama. Saya berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan setiap tahun,” ungkapnya.

Bakti sosial ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri dalam memperingati HAB ke 78. Sebelumnya, tanggal 12 Desember 2023, telah menggelar Bakti Sosial Donor Darah, pada tanggal 3 Januari 2024, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri juga telah mengikuti Apel HAB yang dipusatkan di Lapangan Upacara MTsN 1 Kediri.

Menurut rencana, rangkaian kegiatan peringatan Hari Amal Bhakti ke 78 Kementerian Agama akan ditutup dengan acara tasyakuran yang insyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2024.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Bakti Sosial di Desa Bedali Kecamatan Ngancar, Tim Baksos Kementerian Agama Kabupaten Kediri menyerahkan bantuan sebanyak 150 paket sembako kepada Umat lintas agama di Desa Bedali, antara lain umat Muslim, umat Kristen, umat Katolik dan umat Hindu. Adapun lokasi Penyerahan bantuan sembako untuk umat Islam di Masjid Al-Hidayah Bedali, untuk Jamaah Kristen di Gereja GKJW BEDALI, untuk umat Katolik di Gereja Katolik Stasi Santo Laurentius Bedali,dan untuk umat Hindu penyerahan bantuan paket sembako dilakukan di Pure Satya Dharma Bedali.( Paulo/Pras/Indra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.