23 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Ribuan ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Ikuti Apel Peringatan HAB ke 78 Kementerian Agama Di MTsN 1 Kediri

3 min read

Kab.Kediri(Inmas ) Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri menggelar Apel di Lapangan MTsN 1 Kediri, Rabu (3/1). Apel ini diikuti sekitar 1.300 ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, baik yang bertugas di Kantor Atap Pamenang maupun yang bertugas di Madrasah dan KUA.

Hari Amal Bhakti Ke 78 Kementerian Agama ini mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”, yang menggambarkan pentingnya kerukunan umat beragama dalam mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera. Tema ini juga sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Hadir dalam acara ini jajaran pejabat eselon 4 dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, unsur muspika Kecamatan Pare, ketua FKUB Kabupaten Kediri, Ketua GP ANSOR Kabupaten Kediri, Pengurus DWP Kankemenag Kabupaten Kediri serta beberapa tamu undangan lainnya.

Bertindak sebagai inspektur Apel adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz. Sedangkan yang bertugas sebagai Komandan Apel Arif, Waka Sarpras MTsN 1 Kediri.

Walaupun puncak peringatan HAB ke 78 tidak semeriah dibandingkan dengan tahun 2023, namun hal itu tidak menyurutkan semangat sekitar 1.200 ASN dari berbagai wilayah di Kabupaten Kediri ini untuk mengikuti Apel Peringatan HAB ke 78. Sejak pk.07.00 mereka telah memadati Lapangan Upacara MTsN 1 Kediri. Dengan memakai Kaos berwarna kuning berlogo Kementerian Agama, mereka tampak antusias dan penuh semangat untuk mengikuti Apel hari jadi Kementerian Agama RI yang lahir tepat tanggal 3 Januari 1946 ini.

Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Kantor selaku Inspektur Apel mengatakan, Kementerian Agama dilahirkan awal tahun tepatnya tanggal 3 Januari 1946.Yang berarti bahwa, setiap memasuki tahun baru , kita harus memiliki spirit ganda yang muncul ,dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama. Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk Amal Bhakti yang semakin mendalam dan paripurna. Hari Amal Bhakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama.

Oleh karena itu dalam momentum Hari Amal Bhakti ke 78, Gus Menteri mengajak seluruh warga Kementerian Agama untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama.

Gus Menteri melanjutkan, sebagai institusi pemerintah yang diberi tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama, dan pendidikan KEAGAMAAN, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan . Diantara tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Tugas berat ini dilaksanakan diantaranya dengan memberikan layanan yang adil , transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama, tandasnya.

Gusmen juga mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk menjaga Netralitas dalam menyongsong pesta Demokrasi, yakni Pemilihan umum. Dengan balutan netralitas ini,saya meminta kepada ASN Kementerian Agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat.

” Mari kita kawal pemilihan ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakatnya untuk tidak menggunakan politik identitas, karena madharat-nya sangat besar, bahkan dapat berujung pada disintegrasi bangsa, imbuhnya.

Kegiatan Apel peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama yang dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Kediri ini, merupakan puncak dari rangkaian kegiatan HAB ke 78 Kementerian Agama, yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Selain Apel, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri juga mengadakan aneka kegiatan pertandingan dan perlombaan , seperti, bulutangkis, Tenis Meja, Lomba Mc , lomba Bucket Uang, serta Bhakti Sosial Donor Darah dan Bhakti Sosial moderasi beragama dengan memberikan bantuan paket sembako kepada perwakilan dari umat beragama di beberapa titik lokasi di Kabupaten Kediri.

Dalam Apel HAB ke 78 tahun 2024, doa dibawakan oleh empat tokoh lintas Agama, yakni Islam, Kristen, Katolik dan Hindu. Mereka mendoakan keselamatan Bangsa serta mendoakan perang yang terjadi di palestina, agar segera menemukan solusi perdamaian, dan masyarakat Palestina dapat hidup normal, aman dan damai.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan Apel, Kepala Kantor memberikan . piagam penghargaan kepada pegawai berprestasi baik tingkat Jawa Timur maupun nasional yang telah mengharumkan nama Kabupaten Kediri. (Paulo/Pras/Indra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.