22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Sebanyak 25 Penyuluh Agama Islam Ikuti Pelatihan Keluarga Sakinah

2 min read

Kab.Kediri (Inmas) Sebanyak 25 Penyuluh Agama Islam dari Kabupaten Kediri mengikuti Pelatihan Keluarga Sakinah yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh agama Islam dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada masyarakat tentang konsep rumah tangga sakinah.

Pelatihan Keluarga Sakinah ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 22 November hingga 1 Desember 2023, di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Pelatihan ini menghadirkan beberapa narasumber yang ahli di bidangnya, antara lain Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Suaranya dan juga narasumber dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, menyambut baik adanya kegiatan Pelatihan Keluarga Sakinah yang diselenggarakan oleh BDK Surabaya. Menurut Beliau Pelatihan Keluarga Sakinah sangat penting bagi penyuluh agama Islam, karena mereka merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan keagamaan kepada masyarakat. Oleh karenanya Penyuluh agama Islam harus mempunyai pengetahuan yang mumpuni,agar mampu memberikan pemahaman yang benar tentang konsep rumah tangga sakinah, yang mencakup aspek akidah, syariah, dan akhlak, ujarnya.

Sementara itu, Analis Kepegawaian Risa Andriani yang merupakan salah satu panitia penyelenggara Pelatihan mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan Pelatihan Keluarga Sakinah dilakukan dalam dua tahap. Tahapan pertama dilaksanakan Secara Zoom atau daring yang dilaksanakan mulai tanggal 22 November sampai dengan tanggal 24 November 2023. Sedangkan tahapan kedua dilaksanakan secara klasikal yang dilaksanakan mulai tanggal 28 November sampai dengan tanggal 1 Desember 2023. Dirinya sangat bersyukur karena di pengunjung tahun anggaran 2023, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri masih di beri kepercayaan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya, menjadi tempat penyelenggaraan Pelatihan bagi Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Selama pelatihan, para peserta mendapatkan materi tentang konsep dan karakteristik rumah tangga sakinah, faktor-faktor yang mempengaruhi rumah tangga , strategi dan metode bimbingan dan konseling rumah tangga, serta studi kasus dan simulasi bimbingan dan konseling rumah tangga sakinah.(Paulo/Pras/Hindra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.