20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Kemenag Kab. Kediri Berbagi Informasi Tentang Pembangunan di Bidang Agama

1 min read

Kab. Kediri (Inmas)Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Achmad Fa’iz, menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Pelatihan Keluarga Sakinah yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya, pada hari Selasa (28/11).

Dalam materinya yang berjudul Pembangunan di Bidang Agama, Kepala Kantor menjelaskan tentang konsep dan strategi pembangunan di bidang agama yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Ia menekankan pentingnya membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah sebagai fondasi pembangunan bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat. Jika keluarga kuat, maka masyarakat akan kuat. Jika masyarakat kuat, maka bangsa akan kuat. Oleh karena itu, kita harus membangun keluarga yang harmonis, sejahtera, dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya bangsa,” ujar beliau.

Ia juga memaparkan beberapa program, serta tugas dan fungsi Kementerian Agama seperti Seksi Bimas Islam yang menanggani pencatatan perkawinan bagi yang beragama Islam, termasuk pembinaan keluarga sakinah. Seksi PHU yang menanggani Pelayanan Haji dan Umroh. Seksi PD. Pontren yang mengurus Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Seksi Pendma yang mengurus Pendidikan Madrasah, Penyelenggara Zakat dan Wakaf yang mengurus pemberdayaan zakat dan wakaf, Penyelenggara Kristen, Katolik dan Hindu yang mengurus bidang yang berkaitan dengan Agama Kristen, Katolik serta Agama Hindu. Jadi Kementerian Agama hadir untuk melayani dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan hak-haknya di bidang agama, terangnya.

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.