22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Gabungan Lima MTs Swasta Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas ) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) hari Rabu (20/9).

Kegiatan yang diadakan di MTs Al-Muttaqin Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri ini, bertujuan untuk mempersiapkan para pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara efektif.

Hadir dalam acara ini Pengawas Madrasah Munirudin, dan Kepala MTs Al-Muttaqin Khotim.

Bimtek yang direncanakan akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 20 September sampai 21 September 2023 ini, diikuti 39 peserta yang berasal dari 5 Madrasah Swasta Kabupaten Kediri bagian Utara.

Dalam sambutannya,  Kepala Kantor menyampaikan pentingnya adaptasi terhadap perubahan kurikulum pendidikan sebagai upaya memajukan kualitas pendidikan di Madrasah.

” Sebagai pendidik kita harus adaptif dengan segala perubahan kurikulum yang terjadi, termasuk kurikulum Merdeka. Untuk itu saya sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek yang dilaksanakan hari ini ” ungkapnya.

Beliau berharap agar setelah selesai mengikuti kegiatan Bimtek IKM, peserta mampu mendiseminasikan kepada pendidik lainnya yang belum sempat mengikuti kegiatan serupa.

Orang nomor satu dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini juga mengingatkan peserta untuk selalu berinovasi dalam membangun dan mengembangkan Madrasah.

” Di era globalisasi persaingan di berbagai bidang tidak bisa dielakkan, termasuk persaingan di bidang pendidikan. Banyak lembaga Pendidikan yang bermunculan dengan berbagai program yang ditawarkan kepada masyarakat. Oleh karena itu kreativitas dan inovasi Madrasah sangat di butuhkan untuk bisa memenangkan persaingan” tandasnya.

Di depan kita terbentang peluang yang cukup terbuka,tetapi kita juga dihadapkan pada tantangan yang tidak ringan. Untuk itu sinergitas dan kerjasama sesama warga Madrasah sangat dibutuhkan. Dan inovasi yang kreatif dan cerdas sangat diperlukan,agar Madrasah selalu menjadi pilihan utama masyarakat, bukan pilihan alternatif, katanya.

Sebelumnya Kepala MTs Al-Muttaqin dalan sambutannya menyampaikan ucapan terima kepada Kepala Kantor, yang berkenan hadir dan membuka kegiatan Bimtek IKM di Madrasahnya. Semoga kehadiran bapak Kepala Kantor semakin menambah  semangat dan motivasi kami untuk selalu mengembangkan diri dalam rangka mewujudkan Madrasah yang Mandiri dan Berprestasi” harapnya.

Kurikulum Merdeka adalah inovasi terbaru dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk memberikan ruang lebih besar kepada pendidik dalam mengembangkan materi ajar yang relevan dan kreatif. Dalam Bimtek ini, para peserta akan mendapatkan pelatihan intensif tentang cara mengimplementasikan kurikulum ini, menciptakan materi pembelajaran yang menarik, dan mengukur hasil belajar yang lebih baik.

Selama acara berlangsung, para peserta akan mendapatkan panduan dari narasumber yang berkompeten di bidang pendidikan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta sehingga mereka dapat memberikan pendidikan yang lebih baik kepada generasi muda Kabupaten Kediri.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan Madrasah di daerah ini, dan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkannya. Diharapkan, dengan pemahaman tenaga pendidik yang lebih baik tentang Kurikulum Merdeka, pendidikan di Madrasah akan semakin berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman.(Paulo/ Pras)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.