26 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Upaya Pemantapan  Pembelajaran  Kurikulum Merdeka, MTsN 5 Kediri Gelar Workshop Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Digital 

2 min read

 

Upaya Peman

Kab. Kediri (MTsN 5)  Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri menggelar “Workshop Pengelolaan Pembelajaran Digital untuk Kegiatan Pembelajaran Terpadu Berbasis Kurikulum Merdeka” Jumat (15:09) . Workshop bertujuan untuk memberi pemantapan kepada seluruh guru tentang pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan sejak awal tahun pembelajaran 2023/2024. Narasumber berasal dari Lembaga Pengembangan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Malang.
Acara workshop dibuka secara ceremonial oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Faiz, didampingi oleh Pengawas Madrasah dan Kepala Madrasah.
Dalam sambutannya beliau mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan yang baik ini secara maksimal agar nanti hasilnya dapat dimanfaatkan dan diterapkan sesuai dengan harapan, serta dapat menambah wawasan dan perkembangan keilmuan bidang digital sehingga menambah kemanfaatan di dunia pendidikan khususnya bagi siswa.

Beliau juga mengingatkan sgar seluruh komponen Madrasah terutama Kepala Madrasah,Guru dan Tenaga Kependidikan untuk selalu bekerjasama dalam mengembangkan Madrasah, dengan cara terus berbenah melalui peningkatan kreativitas dan kemampuan penguasaan IT (information and technology). Karena tidak menutup kemungkinan, handphone yang saat ini jarang dimanfaatkan di madrasah akan menjadi alat dan media utama dalam menyampaikan pembelajaran, ujarnya .
Meskipun demikian beliau berharap agar guru bijaksana dalam memanfaatkan IT, karena guru berada dalam lingkup dunia pendidikan. Pemanfaatannya sebaiknya digunakan untuk mempublikasikan dan mempromosikan kegiatan dan perkembangan di Madrasah.
Pada kesempatan yang sama, Fikrotul Azizah selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri menyampaikan bahwa workshop yang ada hubungannya dengan Kurikulum Merdeka ini bukan kali pertama. Sebelumnya sudah dilakukan juga tetapi fokus pada pembuatan modul ajar. Hal ini semata-mata dilakukan untuk memberi bekal kepada seluruh guru di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri tentang pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka yang saat ini baru diaplikasikan di kelas VII, ungkapnya.
Antusiasme peserta dalam

mengikuti workshop cukup tinggi Peserta yang terdiri dari 69 orang guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri tersebut menyadari bahwa, kegiatan yang dilaksanakan itu sangat bermanfaat terutama untuk membantu proses pembelajaran di kelas. (Humas/Ullah)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.