20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Tingkatkan Kompetensi Guru Dalam Membimbing Anak Didik, FKGPAI Kabupaten Kediri Gelar Manasik Haji Bagi Guru PAI

2 min read

 

Kab.Kediri (Inmas)  Pengurus Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam ( FKGPAI) Kabupaten Kediri, hari Sabtu (16/9) menggelar kegiatan  Bimbingan Manasik Haji. Kegiatan yang diikuti sekitar 530 guru PAI yang tergabung dalam FKGPAI Kabupaten Kediri ini, di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz.

Acara berlangsung di lapangan Desa Bulupassr Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, dan di hadiri oleh Kabid TK/ PAUD Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kediri, Camat Kecamatan Pagu Nur Said, Kasi PAIS Syaiful Bahri serta beberapa tamu undangan lainnya.

Menurut Pengawas PAI Nurul, pelaksanaan  bimbingan manasik haji bagi guru PAI PAUD dan TK  bertujuan antara lain,  sebagai  upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan materi PAI, meningkatkan ketrampilan guru untuk membimbing siswa dalam kegiatan manasik haji, meningkatkan kemampuan guru untuk mengimplementasikan ikon P5   yakni Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka serta sebagai media dakwah bagi masyarakat.

Kepala Kantor dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus FKGPAI atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Manasik Haji bagi Guru PAUD dan TK se- Kabupaten Kediri.

Beliau menambahkan, Bimbingan Manasik Haji bagi  Tenaga Pendidik merupakan bagian dari upaya untuk menambah pengetahuan dan pemahaman terhadap pelaksanaan ibadah haji. Jika guru sudah memiliki pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah haji, maka dapat memberikan bimbingan dan pelatihan kepada  anak didik mulai usia dini. Karena bimbingan manasik haji bagi anak usia PAUD dan TK merupakan bagian dari upaya guru untuk menanamkan karakter yang baik kepada anak didik  dengan mengenalkan ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima, ungkapnya.

Kepala Kantor juga berharap dengan mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji, dapat memberikan motivasi bagi para guru yang belum menunaikan ibadah haji untuk mendaftar dan kelak bisa menunaikan ibadah haji, harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan manasik haji yang dilakukan oleh FKGPAI Kabupaten Kediri sebagai bentuk pengenalan ibadah haji bagi tenaga pendidik. Kegiatan ini dibuat semirip mungkin dengan kegiatan ibadah haji yang sesungguhnya, mulai dari pakaian Irham, niat haji, membaca bacaan Talbiyah, wukuf, lemparan jumroh,sa’i, tawaf dan tahalul, yang dibimbing oleh Pengawas PAI  berpengalaman yang sudah pernah menjadi petugas haji maupun yang sudah pernah menunaikan ibadah haji.( Paulo/Pras))

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.