23 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Percagab MTsN 2 Kediri, Cetak SDM yang Profesional

2 min read

Kab. Kediri (MTsN  2) Sebanyak 391 calon anggota Pramuka Galang Baru dari peserta didik kelas 7 MTsN 2 Kediri, hari Jumat (28/7) berpartisipasi dalam kegiatan perkemahan yang diadakan di MTsN 2 Kediri. Perkemahan ini merupakan bagian dari proses seleksi dan pelatihan calon anggota Pramuka tingkat Galang untuk mengasah keterampilan, semangat kepemimpinan, dan rasa solidaritas di antara generasi muda.

Kegiatan perkemahan ini diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh kepala MTsN 2 Kediri, bapak ibu guru dan karyawan, serta para pembina Pramuka. Upacara ini merupakan momen yang penuh semangat, di mana calon Galang Baru diberikan semangat dan motivasi untuk mengikuti kegiatan perkemahan dengan penuh antusiasme.

Selama perkemahan, para calon Galang Baru ditempatkan dalam beberapa regu untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang beragam dan menantang. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi simulasi evakuasi darurat, pionering, hiking, dan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan kemandirian, kerjasama tim, dan keberanian di alam terbuka.

“Saya merasa sangat bersemangat dan bangga bisa mendampingi perkemahan Pramuka ini. Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk belajar banyak hal baru dan mengasah keterampilan yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Rif’an Hadi Mafatikh, salah satu pembina Pramuka MTsN 2 Kediri.

Pihak panitia juga menyediakan sesi pelatihan kepemimpinan dan bimbingan rohani bagi calon anggota Pramuka. Para peserta diajarkan tentang pentingnya memiliki sifat-sifat kepemimpinan yang baik dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan karakter bagi generasi muda, agar kelak dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang tangguh dan bertanggung jawab,” demikian salah satu kalimat motivasi yang disampaikan oleh kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, dalam amanah upacara pembukaan.

Selain itu, kegiatan perkemahan ini juga mengajarkan tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan kepedulian terhadap alam sekitar. Para peserta diberikan pengetahuan tentang cara-cara menjaga kelestarian alam dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Kegiatan perkemahan Pramuka Calon Galang Baru di MTsN 2 Kediri ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kepramukaan di kalangan generasi muda serta membentuk pribadi yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Semoga, melalui proses seleksi dan pelatihan ini, tercipta calon anggota Pramuka Galang yang berkualitas dan mampu menjadi pemimpin masa depan yang baik untuk bangsa dan negara, lanjutnya.(Jamil/Ali)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.