26 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Launching Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Kediri

2 min read

 

Kab. Kediri (Inmas) Hari Rabu ( 26/7) bertempat di Balai Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, sebelum mengikuti acara Launching Kampung Moderasi Beragama Serentak secara hybrid dari Kementerian Agama Pusat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz melaunching Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Kediri.

Hadir dalam acara ini Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Kandangan, Kepala Desa dan perwakilan Tokoh Agama dari tiga Desa yang terpilih sebagai Kampung Moderasi Beragama, Pejabat eselon 4 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri serta Penyuluh Agama Islam baik Fungsional maupun Non Pegawai Negeri Sipil dari Kecamatan Kandangan, Kecamatan Wates dan Kecamatan Puncu.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, Moderasi Beragama merupakan suatu keniscayaan bagi bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang heterogen dengan berbagai suku, Agama,ras dan antar golongan. Apalagi menjelang pesta demokrasi tahun 2024, dimana eskalasi politik mulai meninggi, yang terkadang ada pihak – pihak tertentu yang menggunakan isu agama sebagai tema kampanye untuk mencapai tujuan politik . Hal ini tentu akan memunculkan polarisasi dan disharmonisasi dalam masyarakat, yang tentu akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, ujarnya.

Oleh karenanya adalah tugas kita bersama untuk terus menanamkan nilai-nilai toleransi dalam masyarakat serta mampu memupuk dan mempertahankan  kerukunan umat beragama yang sudah terjalin baik selama ini, imbuhnya.

Kepala Kantor juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Kediri, baik yang Fungsional maupun Non PNS yang telah bekerja keras bersama Tim Kelompok Kerja ( Pokja) Kabupaten Kediri,  sehingga hari ini kita bisa melaunching Kampung Moderasi Beragama tingkat Kabupaten, katanya.

Beliau menambahkan, dengan adanya Launching Kampung Moderasi Beragama ini, maka diharapkan akan muncul Kampung Moderasi Beragama di Desa dan Kecamatan lain, bahkan kalau bisa seluruh Desa di Kabupaten Kediri dapat menjadi Kampung Moderasi Beragama, sehingga masyarakat hidup guyub dan rukun, harapnya.

Sementara itu Agus Salim selaku ketua Pokjawas KMB Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri mengungkapkan, ada tiga Desa yang telah ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Kediri. Ketiganya antara lain Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri sebagai peringkat pertama Kampung Moderasi Beragama. Kedua adalah Desa Tawang Kecamatan Wates dan peringkat ketiga adalah Desa Manggis Kecamatan Puncu.

Ia menerangkan, dari tiga Desa yang tetapkan ini, diusulkan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Setelah itu Tim dari Kanwil akan turun untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap Desa- Desa yang ditetapkan sebagai KMB ini, dan Tim Kanwil akan menetapkan satu dari tiga Desa nominasi untuk ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama, ungkapnya.

Untuk diketahui, Tim Pokja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri yang diketuai Agus Salim, setelah melakukan penilaian dan verifikasi hasil rintisan Kampung Moderasi Beragama yang ditetapkan oleh Pokja tingkat KUA. Dari hasil penelitian dan verifikasi ini telah menetapkan Desa Medowo Kecamatan Kandangan, Desa Tawang Kecamatan Wates dan Desa Manggis Kecamatan Puncu sebagai Kampung Moderasi Beragama. Ketiga Desa tersebut diusulkan ke tingkat Provinsi untuk selanjutnya satu dari tiga Desa ini akan ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama.( Paulo/SF)

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.