22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Petakan Bakat, Minat, dan Gaya Belajar Peserta Didik, Tim Psikolog IAIN Kediri Lakukan Tes Psikologi di MTsN 2 Kediri

2 min read

 

Kab  Kediri  ( MTsN 2) Tim psikolog dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri mengadakan tes psikologi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri sebagai bagian dari upaya mereka untuk memetakan bakat, minat. Gaya belajar dan kecenderungan psikologis peserta didik baru di madrasah penyelenggara kurikulum merdeka tersebut.

Seiring dengan dibutuhkannya informasi tentang pembelajaran berdifferensiasi dalam kurikulum merdeka, MTsN 2 Kediri bekerjasama dengan IAIN Kediri berinisiatif untuk membantu para guru dalam mengetahui gaya belajar dan kondisi kecenderungan psikologis peserta didik, agar suasana belajar di madrasah mampu mengeksplorasi kemampuan peserta didik sesuai dengan keahliannya.

Kegiatan tes psikologi ini diadakan di 11 ruang kelas yang disiapkan oleh MTsN 2 Kediri. Tim psikolog dari IAIN Kediri menggunakan berbagai metode dan instrumen psikologis untuk mengevaluasi aspek kognitif, emosional, dan sosial peserta didik tersebut. Tes tersebut selain digunakan sebagai tersebut di atas, tes ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan potensial yang mungkin dihadapi oleh siswa dan memberikan solusi atau rekomendasi yang sesuai untuk membantu mereka menghadapi berbagai masalah yang terkait.

Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi kerjasama dari IAIN Kediri dalam membantu kami meningkatkan pemahaman tentang gambaran kecenderungan psikologis siswa. Tes psikologi ini akan memberikan informasi berharga yang dapat membantu kami menyusun program-program yang lebih efektif dalam merespon kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh para siswa.”

Tim psikolog dari IAIN Kediri menjelaskan bahwa tujuan dari tes psikologi ini adalah juga untuk memberikan pandangan lebih mendalam tentang keadaan kesehatan mental di MTsN 2 Kediri, sehingga madrasah dapat merancang strategi dan program pendukung yang lebih efektif untuk membantu siswa mengatasi stres akademis, tekanan sosial, dan masalah pribadi lainnya.

Dr. Imron Muzakki, koordinator tim psikolog dari IAIN Kediri, menyatakan, “Kami berharap hasil dari tes ini dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan informasi psikologis siswa-siswa di MTsN 2 Kediri. Dengan demikian, madrasah dapat menyediakan lingkungan yang lebih mendukung dan ramah bagi perkembangan psikologis siswa.”

Tes psikologi ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam memperkuat kerjasama antara IAIN Kediri dan MTsN 2 Kediri, serta membuka jalan bagi upaya serupa di sekolah-sekolah lain di wilayah tersebut. Melalui kesadaran yang semakin meningkat tentang pentingnya kesehatan mental, diharapkan siswa-siswa di seluruh wilayah dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik secara keseluruhan.(Jamil/ Ali)

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.