27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Sebanyak 262 Koper Besar Milik Jamaah Haji Kloter SUB 29 Sudah Didistribusikan

2 min read

 

Kab Kediri (Inmas)  Koper Jamaah Haji kloter SUB 29 asal Kabupaten Kediri yang diangkut terpisah dengan jamaah haji saat pulang ke tanah air, hari ini Kamis (20/7) mulai didistribusikan kepada jamaah .

Perihal pendistribusian koper jamaah yang sempat ditinggalkan di Arab Saudi itu disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Abd.Kholiq Nawawi di ruang kerjanya pada hari Kamis (20/7).

Kholiq menambahkan, koper-koper besar milik jamaah haji khusus kloter SUB 29 itu dikirim dari asrama haji Sukolilo Surabaya oleh Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji ( PPIHI) embarkasi Surabaya.

” Koper tiba di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri pada hari Rabu (19/7) sekitar pk 20.00 wib dengan menggunakan dua truck pengangkut barang” katanya.

Ia menerangkan bahwa, persoalan koper yang ditinggal merupakan murni keputusan dari otoritas penerbangan Arab Saudi. Mereka tidak mau ambil resiko, karena menyangkut keselamatan para jamaah. Dan para jamaah haji juga sangat menyadari hal itu.Makanya mereka memilih  berangkat duluan ke tanah air dan kopernya menyusul keesokan harinya dengan penerbangan lain.

Pria yang juga sebagai seorang mubaligh ini membantah rumor yang mengatakan bahwa, koper besar jamaah haji sengaja’diturunkan di bandara karena berisi air zam-zam ataupun barang berbahaya.

” Kita mendapatkan penjelasan dari pihak PPIH embarkasi Surabaya bahwa, alasan ditinggalkannya sebagian koper besar jamaah haji murni karena kelebihan muatan, bukan karena faktor lain, apalagi dikaitkan dengan air zam-zam dan barang berbahaya ” ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak 262 Koper besar milik jamaah haji kloter SUB 29 asal Kabupaten Kediri, sengaja ditinggalkan di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi,pada hari Senin tanggal 16 Juli 2023, dengan alasan kelebihan muatan,  yang dikuatirkan dapat mengganggu keamanan penerbangan dan mengancam keselamatan jamaah haji.Sehingga Koper-koper tersebut baru diterbangkan dengan penerbangan lain pada hari  Selasa Tanggal 18 Juli 2023 waktu setempat. Saat berita Ini diturunkan, sebanyak 249 koper telah diambil oleh pihak keluarga jamaah haji, dan tinggal tersisa 23 koper. Menurut rencana ketiga belas koper tersebut akan diambil oleh keluarga jamaah haji pada hari Jum’at tanggal 21 Juli 2023 di aula serbaguna Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.( Paulo/SF)

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.