15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kartini Binti Sutokaryo, Kembali Menambah Daftar Jamaah Haji Kabupaten Kediri Yang Wafat di Tanah Suci

2 min read

Kab Kediri (Inmas)Innalillahi wainnailaihi rojiun. Seluruh Petugas dan Jamaah Haji Kloter 31 turut berbelasungkawa atas wafatnya Hj. Kartini Binti Sutokaryo, Jama’ah Haji Kloter 31 pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2023 di Rumah Sakit King’Faisal Mekkah Arab Saudi.

Ungkapan duka itu disampaikan oleh ketua kloter SUB 31 Wakidul Anam melalui sambungan WhatsApp pada hari Rabu ( 12/7) dini hari waktu Indonesia bagian Barat kepada redaksi.

Wakidul mengungkapkan, dengan meninggalnya Ibu Hj. Kartini, warga Desa Karanganyar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, maka total Jamaah Haji kloter SUB 31 yang wafat di tanah suci sebanyak dua orang. Ia menambahkan,  walaupun selama ini almarhumah sering sakit-sakitan dan keluar masuk Rumah Sakit, akan tetapi Alhamdulillah beliau almarhumah sudah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di Armuzna, kecuali thowaf ifadloh dan sa’i yang di Badalkan, ungkapnya.

Sementara itu dokter kloter SUB 31 Niqko Bayu Prakarsa menceritakan, almarhumah saat napas terakhirnya di diagnosa menderita sakit pernapasan akut. Menurutnya saat masih di tanah air sebelum terbang ke tanah suci, almarhumah diketahui dirawat di Rumah Sakit dan dilakukan transfusi darah. Demikian juga saat sudah berada di tanah suci, almarhumah masih sakit-sakitan dan sering masuk Rumah Sakit. Bahkan lama di rawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia ( KKHI). Saat pulang dari perawatan di KKHI kondisi kesehatan almarhumah sesungguhnya belum pulih seratus persen. Terkadang masih kambuhan, tiba-tiba sesak dan lemas, katanya.

Dokter Niqko menambahkan, sebelum ajal menjemput, almarhumah hendak di mandikan dan menggantikan popok. Namun hal itu belum sempat dilakukan almarhumah mendadak sesak dan lemas. Akhirnya kita koordinasi dengan pihak Sektor, dan dibawa dengan ambulance ke Rumah Sakit King Faisal. Namun sesampainya di RS King Faisal tepatnya masih beberapa  saat berada di UGD, almarhumah dinyatakan telah meninggal dunia. Kemungkinan almarhumah meninggal saat dalam perjalanan dari Maktab ke RS. King Faisal, ungkapnya.

Dengan wafatnya Almarhumah Hj. Kartini, maka sebanyak lima Jamaah Haji asal Kabupaten Kediri telah wafat di tanah suci. Dua Jamaah dari kloter SUB 29, satu jamaah haji dari kloter SUB 30 dan dua orang jamaah haji dari kloter SUB 31.(Paulo/SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.