27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Siaran Kemenag. Rakor Persiapan Nagari Sentosa Kampung Moderasi Beragama Padang Gelugur

2 min read

 

Kab  Kediri,Humas—Rapat koordinasi persiapan Nagari Sentosa Kecamatan Padang Gelugur sebagai Kampung Moderasi Beragama (KMB) digelar, Selasa (11/7) di aula Kantor Camat setempat.

Hadir dalam mempersiapkan KMB, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Gusman Piliang bersama Kepala Seksi Bimas Islam Hasyyunil memberikan apresiasi kepada Camat, Forkopinca serta tokoh masyarakat Padang Gelugur.

Menurut pandangan Gusman Piliang, kehadiran stakeholder termasuk Penyuluh Agama Islam Padang Gelugur pada rapat yang terlaksana hari ini Selasa (11/7) membuktikan komitmen dan kemauan yang bulat dalam mewujudkan harmoni dan toleransi di ranah ini.

Hemat Gusman Piliang, KMB merupakan inisiatif luar biasa untuk mempromosikan harmoni dan toleransi keagamaan, yang menunjukkan nilai-nilai saling menghormati, memahami, dan bekerjasama di antara kelompok agama yang beragama.

Menurutnya, program Kementerian Agama ini menjadi contoh bagi komunitas lain di seluruh negara dan di luar sana, menunjukkan kehidupan bersama yang damai adalah bisa diwujudkan, meskipun dunia dipenuhi dengan keragaman umat beragama.

Di Pasaman, selain Panti juga Kecamatan Padang Gelugur terbilang majemuk, adanya perbedaan suku dan agama yakni Islam, Khatolik dan Protestan.

Meskipun, sejauh ini masyarakat ranah Pasaman damai dan rukun, namun perlu selalu dijaga dan semakin diperkuat melalui program KMB ini. Karena, melalui KMB keharmonian, pemahaman keagamaan masyarakat semakin meningkat.

“Hidup bertoleransi di balik perbedaan, rukun, saling menghormati, komunikatif akan memberikan warna warni indah dalam kehidupan”, tutur Gusman Piliang.

Gusman mengatakan, untuk membumikan moderasi beragama dibutuhkan pemahaman dan kolaborasi yang seragam antara penduduk, pemerintah setempat dan tokoh beragama.

Dan Kakan juga mengatakan keberadaan KMB bisa memotivasi Penyuluh Agama Islam untuk meningatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi Penyuluh Agama Islam dalam pelaksanaan tugas bmbingan.

“Tujuan lain KMB yaitu untuk menguatkan eksistensi Penyuluh Agama Islam di tengah masyarakat dan meningkatkan kualitas pembinaan moderasi beragama kelompok sasaran oleh Penyuluh Agama Islam,” tekannya.

Humas

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.