22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Tim Balai Diklat Keagamaan Surabaya Dampingi Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTsN 2 Kediri

2 min read

Kab. Kediri ( MTsN 2  ) MTsN 2 Kediri, salah satu Madrasah Tsanawiyah Negeri  pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, telah memperoleh dukungan penting dalam penyusunan kurikulum operasional madrasah (KOM) mereka. Balai Diklat Keagamaan Surabaya (BDK Surabaya) secara resmi telah memulai pendampingan untuk membantu madrasah tersebut dalam menyusun kurikulum yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan yang bercirikhas agama Islam.

Kerjasama antara MTsN 2 Kediri dan BDK Surabaya ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah tersebut. Dalam era yang semakin maju ini, pendidikan karakter yang kuat sangat penting bagi generasi muda untuk memahami nilai-nilai keagamaan dan karakter yang mendasar. Melalui pendampingan yang dilakukan oleh BDK Surabaya diharapkan kurikulum yang disusun akan memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta didik mengenai pengetahuan umum dan agama serta bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, mengungkapkan kegembiraannya atas pendampingan ini. Ia menyampaikan, “Kami sangat berterima kasih kepada Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang bersedia mendampingi kami dalam penyusunan kurikulum operasional madrasah. Kami yakin bimbingan ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan di madrasah kami.”

Pendampingan oleh BDK Surabaya juga melibatkan tim ahli pendidikan yang berpengalaman. Mereka bekerja sama dengan guru-guru MTsN 2 Kediri untuk menganalisis kurikulum yang telah ada, mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, dan mengevaluasi materi pembelajaran yang akan disertakan dalam kurikulum baru. Pendekatan yang berbasis penelitian dan best practices akan diadopsi untuk memastikan kurikulum yang dihasilkan berada di garis terdepan dan sesuai dengan perkembangan terkini dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Sementara itu, Kepala Balai Diklat Keagamaan Japar, menyampaikan, “Kami senang dapat berkolaborasi dengan MTsN 2 Kediri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah ini terutama dalam IKM. Kami berkomitmen untuk memberikan pendampingan yang terbaik dan berkontribusi dalam menghasilkan kurikulum yang relevan dan inovatif.”

Diharapkan bahwa kerjasama ini akan menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lain di daerah tersebut untuk bekerja sama dengan institusi pendidikan keagamaan dalam penyusunan kurikulum. Peningkatan kualitas pendidikan di madrasah akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang agama dan karakter anak bangsa.

Dengan adanya pendampingan dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya, MTsN 2 Kediri optimis dapat mengembangkan kurikulum yang memenuhi standar pendidikan yang tinggi dan memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik. Semoga kerjasama ini berdampak positif dan memberikan inspirasi bagi upaya peningkatan mutu pendidikan agama di seluruh Indonesia.( Jamil/ Kholid)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.