25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Jelang Tahun Pelajaran Baru, MAN 3 Kediri Gelar Diseminasi dan Workshop IKM

2 min read

 

Kab. Kediri (MAN 3) – Menjelang tahun pelajaran baru 2023/2024, MAN 3 Kediri menggelar Diseminasi dan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di aula salah satu rumah makan di Kecamatan Kepung, Selasa (4/7).

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Madrasah (Kamad) MAN 3 Kediri, Moh. Maksun diikuti sebanyak 91 peserta, sebanyak 76 guru MAN 3 Kediri dan 15 guru anggota Kelompok Kerja Madrasah (KKM), MA Mujtahidin Kepung, MA Hasanuddin dan Roudlotus Shibyan Pare.

Narasumber kegiatan tersebut bekerja sama dengan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKMBK) Kediri. Zetty Azizatun Ni’mah, Dosen IAIN Kediri menyampaikan materi Pembelajaran berdiferensiasi dalam Penyusunan Modul Ajar/RPP. Pengawas Kantor Kemenag Kab. Kediri, Syamsul Hadi mempresentasikan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar.

Kamad MAN 3 Kediri dalam pembukaannya menuturkan, workshop IKM diselenggarakan sebagai respon positif terhadap tuntutan perubahan dunia pendidikan. Di sisi lain, mempersiapkan para guru menuju kurikulum merdeka yang telah diterapkan di madrsah yang dipimpinnya. Selain itu, memberikan pemahaman sebagai bekal para guru untuk mengembangkan potensi peserta didik dan meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di madrasah.

“Saya berharap nantinya para peserta khususnya bapak, ibu guru anggota KKM dapat mengimplementasikan dan mentransfer ilmu di madrasahnya,” terangnya.

Kamad menambahkan, Apapun jenis kurikulum merdeka nantinya yang diterapkan satuan pendidikan, hal tersebut sudah menunjukan bahwa kita terus berbenah dan memberikan yang terbaik, untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan.

Adapun tiga pilihan IKM secara mandiri, yakni Merdeka Belajar, Merdeka Berubah, dan Merdeka Berbagi. Tujuannya adalah untuk mengatasi krisis belajar melalui peningkatan kualitas pembelajaran bagi semua peserta didik di Indonesia.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada para narasumber dan peserta, saya mengapresiasi adanya kegiatan positif ini, semoga saat tahun pelajaran baru 2023/2024, MAN 3 Kediri dan seluruh KKM dapat menerapkan kurikulum merdeka dengan baik,” pungkasnya. (EW/AF)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.