22 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kurban 3 Ekor Sapi, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Berbagi Daging Kurban dengan Warga Sekitar

2 min read

 

Kab. Kediri (Inmas)  Dalam rangka memperingati hari raya idul Adha Tahun 1444 H/ 2023 M, Pengurus Takmir Masjid Al- Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, hari Jumat (40/6) melakukan penyembelihan hewan kurban yang berlangsung di halaman belakang aula serbaguna Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Untuk hari raya idul adha tahun 14444 H/ 2023 M, Takmir Masjid Al-Ikhlas menyembelih  tiga ekor Sapi. Sapi-sapi tersebut merupakan partisipasi dari sebagian warga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kegiatan penyembelihan ini di saksikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, Kasubbag TU Musyadad, Kasi PD. Pontren Sugeng Prasetiyo serta Kasi Pendma Abdullah Rosyad,serta Kasi PHU Abd. Kholiq Nawawi.

Sekitar pk. 06.00 wib panitia kurban yang merupakan warga Atap Pamenang  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri mulai berdatangan di lokasi di jalan Pamenng 64 Kediri. Walaupun hari itu ( Jumat red) merupakan hari libur, namun panitia kurban yang terdiri laki-laki dan perempuan dengan membawa peralatan masing-masing sudah siap di lokasi untuk melaksanakan tugasnya.

Sebelum sholat Jumat,( Jum’atan red) tiga ekor sapi telah selesai disembelih dan daging-daging telah dimasukkan dalam tas plastik masing masing dengan ukuran yang sama.

Ketua Panitia kurban Zainal Arifin mengungkapkan, 3 ekor sapi yang disembelih merupakan sumbangan dari sebagian keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Dua ekor dari Atap Pamenang,dan satu ekor lagi dari KUA, terangnya.

Zainal mengungkapkan,  tiga ekor sapi yang disembelih oleh pihaknya seberat  437 kg. Setelah itu dagingnya kita masukkan dalam 531 tas kresek. Sebagian daging kurban kita bagikan Kepada warga Atap Pamenang dan juga pegawai KUA. Sebagian lagi kita bagikan kepada masyarakat umum yang tinggal di sekitar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, terangnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz menyambut baik adanya penyembelihan tiga ekor sapi oleh warga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Beliau mengungkapkan, hal itu menunjukkan bahwa adanya sikap kepedulian yang tinggi yang dimiliki oleh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Menurut beliau, ibadah kurban memiliki hikmah yang luar biasa.salah satunya berbagai dengan sesama, baik dengan sesama umat Islam maupun dengan sesama manusia. Jadi  berkurban bukan semata-mata menyembelih hewan lalu di makan, tetapi lebih dari itu adalah semangat berbagi dengan sesama, terangnya.

Kepala Kantor  juga mengungkapkan bahwa, berkurban merupakan kegiatan tahunan yang bisa dilakukan oleh umat muslim yang mampu secara ekonomi.. Oleh karenanya beliau berharap, Warga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri senantiasa diberikan rezeki, sehingga bisa berkurban setiap tahun. Apalagi berkurban juga mengandung nilai-nilai religiusitas  yakni kemudahan di hari akhir, ungkapnya. (Paulo/SF)

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.