26 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Pulang Dari Mina Ketua Kloter 29 Terapkan Sistim Haji Ramah Lansia

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas )  Dengan menggunakan lima Armada Bus, Jamaah Haji kloter 29 Embarkasi Surabaya asal Kabupaten Kediri telah tiba di hotel di mekkah, setelah menyelesaikan kegiatan mabit dan lontaran jumroh di Mina. Informasi ini didapatkan oleh redaksi dari ketua kloter 29 Ikhwan melalui sambungan WhatsApp pada hari Sabtu (1)7) sekitar pk.17.23 wib.

Ia mengungkapkan bahwa, proses perjalanan dari Mina ke Mekkah berjalan lancar. Tidak sampai satu jam perjalanan,Ia dan rombongan telah tiba di Mekkah. Untuk mempermudah perjalanan dan menghindar hal- hal tidak diinginkan, Ikhwan selaku ketua Kloter berkoordinasi dengan petugas yang lain termasuk ketua rombongan menerapkan haji ramah lansia,yakni saat berangkat dari Mina ke Mekkah pihaknya mengutamakan jamaah haji lansia dan yang duduk di kursi roda untuk kembali duluan ke hotel dengan didampingi oleh sebagian petugas Tim Medis. Sementara jamaah haji yang lebih muda dan tidak menggunakan kursi roda naik bus belakangan.

Ikhwan menambahkan, meskipun sistim kerja bus pengangkut jamaah haji adalah setelah menurunkan jamaah haji, baru kembali mengangkut jamaah haji lainnya, bukan bus antar jemput seperti carteran. Namun karena transportasi di Mina menggunakan sistem Taradudi, sehingga bus yang beroperasi mengangkut jamaah haji selalu mempunyai ruang untuk menjemput jamaah haji sesuai dengan arah yang dituju. Oleh karena itu sabar dan terus bersabar adalah kata kuncinya. Agar semuanya berjalan aman dan lancar, jelasnya.

Pria yang juga Kepala Tata Usaha ( Ka.TU) MAN 5 Kediri ini menambahkan, sebanyak 393 jamaah haji yang bergabung dalam kloternya yang kembali dari dari Mina Alhamdulillah dalam keadaan sehat, tidak ada satu jamaah pun yang sakit sampai di rawat di klinik maupun Rumah Sakit setempat. Namun demikian dirinya merasa sangat sedih dan kehilangan, karena dua jamaah haji dari kloter 29 berpulang ke Rahmatullah. Satu orang atas nama Muhtadi yang wafat saat di Mina,dan satu lagi almarhum Moesiran yang wafat di Mekkah. Dengan demikian dari 395 jamaah haji yang berangkat ke tanah suci, saat ini tinggal 393 jamaah haji, ungkapnya.( Paulo/SF)

 

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.