22 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Sebanyak 60 Jama’ah Haji Asal Kecamatan Gampengrejo Ikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan

2 min read

Kab Kediri (Inmas) Sebanyak 60 Jama’ah Haji Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, hari Minggu (21/5) mengikuti bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kegiatan yang dilangsungkan di Kantor MWC NU Kecamatan Gampengrejo ini menghadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz sebagai salah satu Narasumber.

Dalam materinya yang berjudul Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji’tahun 1444H/2023M,  Kepala Kantor menyampaikan bahwa, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama tahun ini secara nasional akan memberangkatkan 221.000 Jamaah Haji ke tanah suci. Sedangkan untuk Jawa Timur sebanyak 35.152 jamaah yang akan menjadi tamu Allah pada tahun 1444H/2023M. Khusus untuk Kabupaten Kediri, Jamaah Haji yang akan berangkat ke tanah suci kurang lebih sebanyak 1.300 Jamaah, ungkapnya.

Sesuai dengan jadwal yang telah dirilis, Jamaah  Haji asal Kabupaten Kediri masuk dalam kloter 23, 24 dan kloter 25 . Yang insyaallah tanggal 2 Juni sudah meninggalkan Kediri menuju asrama haji Sukolilo Surabaya. Dan tanggal 3 Juni sudah terbang menuju Arab Saudi, lanjutnya.

Kepala Kantor kembali mengingatkan jamaah untuk saling membantu dan bekerjasama saat sudah berada di tanah suci. Walaupun Pemerintah telah menyiapkan banyak petugas yang akan melayani jamaah, tetapi saya  minta agar bapak ibu juga harus saling tolong menolong tatkala ada diantara bapak ibu yang membutuhkan bantuan, pesannya.

”  Khusus untuk jamaah haji asal Kabupaten Kediri, ada 66 Jamaah yang tergolong lansia dengan usia 85 tahun ke atas. Ada pula yang mungkin menggunakan kursi roda. Oleh karena itu saling membantu dan saling menjaga agar semua bisa lancar dan selamat dalam melaksanakan ibadah haji. Pulang  utuh kembali juga utuh” imbuhnya yang diamini seluruh jamaah yang hadir.

Pria ramah ini juga mengingatkan agar jamaah haji senantiasa menjaga kesehatan dengan baik. Karena di tanah suci saat ibadah haji, barangkali suhu panas bisa mencapai 50 derajat Celcius. Untuk itu supaya sering- sering minum air putih saat berada di hotel. Kalau tidak sedang melaksanakan ibadah, manfaatkan waktu untuk istirahat supaya badan tetap sehat dan segar, ujarnya.( Paulo/ SF)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.