20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Narasumber Pada Kegiatan Bimbingan Manasik Haji di Kecamatan Kandat dan Kecamatan Gurah

2 min read

 

Kab.Kediri (Imas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) menggelar Bimbingan Manasik  Haji tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di beberapa KUA di Kabupaten Kediri .

Kegiatan bimbingan Manasik dimulai dari tanggal 20 Mei 2023 sampai tanggal 27 Mei 2023. Mengawali Bimbingan Manasik perdana hari Sabtu (20/5)  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz selaku salah satu narasumber memberikan Bimbingan Manasik Haji’ kepada Jamaah Haji dari Kecamatan Kandat  dan Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Cendono Kecamatan Kandat ini, diikuti oleh 97 Jamaah Haji dari dua Kecamatan,yakni dari Kecamatan Kandat  55 jamaah dan dari Kecamatan  Ringinrejo 42 jamaah.

Dalam materinya yang berjudul Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1444H/2023M, Kepala Kantor menyampaikan bahwa, Penyelenggaraan Haji tahun 2023 Pemerintah memberikan porsi yang cukup signifikan untuk jamaah haji lansia, yakni  66.943 jamaah porsi nasional. Kebijakan ini diambil Pemerintah karena musim Haji tahun 2022 yang lalu, Pemerintah tidak memberangkatkan jama’ah haji lansia yang berusia di atas 65 tahun,karena adanya pembatasan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. Untuk kebijakan haji berkeadilan dan haji ramah lansia, Pemerintah musim haji tahun 2023 ini memberikan kesempatan kepada 66.943 jama’ah haji lansia yang berusia 85 tahun ke atas, untuk berangkat ke tanah suci, terangnya.

Untuk Kabupaten Kediri jamaah Haji lansia yang berusia 85 tahun ke atas sebanyak 66 jamaah yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2023. Walaupun Pemerintah telah menyiapkan petugas yang siap mendampingi dan melayani jamaah haji,utamanya jamaah haji lansia, namun Kepala Kantor mengingatkan agar sesama jama’ah haji juga harus bekerja sama dan saling membantu satu sama lain.

” Jamaah Haji’asal Kabupaten Kediri adalah keluarga. Oleh karena itu harus saling membantu satu sama lain.  Terutama memberikan perhatian kepada beliau-beliau yang berusia lanjut, baik dalam melakukan ibadah ataupun aktifitas lainnya yang membutuhkan bantuan. Dengan saling membantu mudah”an menjadi haji yang mabrur” imbuhnya.

Mantan Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kota Batu ini juga menyampaikan bahwa, Kabupaten Kediri masuk dalam Kloter 23, 24 dan 25. Sesuai dengan jadwal yang dirilis, maka tanggal 2 Juni 2023 sekitar pk. 09.00, pk. 10.00 dan pk. 11.00, wib Jamaah haji Kabupaten Kediri yang tergabung dalam tiga Kloter sudah masuk asrama haji Sukolilo Surabaya. Oleh karenanya beliau meminta agar jama’ah haji selain rutin mengikuti bimbingan manasik haji untuk menambah pengetahuan tentang perhajian, juga harus melakukan kegiatan olah raga secukupnya setiap hari, sehingga bisa menambah kekuatan fisik. Karena ibadah haji yang dilakukan di tanah suci berkaitan dengan fisik, terangnya.

Setelah dua jam memberikan bimbingan dan pembinaan kepada jamaah haji di Kecamatan Kandat, Kepala Kantor melanjutkan aktifitasnya dengan memberikan bimbingan dan pembinaan kepada 93 Jamaah Haji dari Kecamatan Gurah dan Kecamatan Plosoklaten yang dilangsungkan di Balai Manasik Haji KUA Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. ( Paulo/SF)

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.