20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Ribuan Guru Madrasah Kabupaten Kediri Ikut Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG Tahun 2023

2 min read

 

 

Kab. Kediri ( Inmas )  Hari Sabtu (25/3) Guru Madrasah di seluruh tanah air secara serentak mengikuti Ujian Seleksi  Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) tahun 2023.

Di Kabupaten Kediri ribuan guru Madrasah turut mengikuti ujian seleksi yang di selenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan pada Dirjen Pendidikan  Agama Islam Kementerian Agama RI ini.

Sebanyak 1.644 orang guru dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri baik yang mengajar di Madrasah Negeri ataupun swasta, mengikuti kegiatan yang di gelar di 5 titik lokasi di Kabupaten Kediri, yang akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 25 Maret sampai dengan tanggal 26 Maret 2023.

Kelima titik lokasi yang menjadi tempat diselenggarakannya ujian seleksi PPG tersebut antara lain MTsN 1  Kediri,  MTsN 5 Kediri, MTsN 6 Kediri, MAN 1 Kediri dan MAN 2 Kediri.

Untuk memastikan bahwa proses pelaksanaan kegiatan ujian seleksi PPG berjalan lancar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri  Achmad Fa’iz,Sabtu ( 25/3 ) melakukan monitoring di dua titik lokasi pelaksanaan ujian seleksi PPG, yakni di MTsN 1 Kediri dan MTsN 6 Kediri. Sedangkan Kasubbag TU Musyadad melakukan monitoring di titik lokasi MAN 2 Kediri,dan Kasi Pendma Abdullah Rosyad melakukan monitoring di titik lokasi MTsN 5 Kediri dan MAN 1 Kediri.

Dalam kunjungannya Kepala Kantor mendapatkan laporan dari panitia lokasi bahwa, pelaksanaan kegiatan ujian seleksi PPG secara umum berjalan lancar. Walaupun ada sedikit kendala diawal, yakni kendala awal login, namun karena adanya kesigapan panitia, kendala ini cepat teratasi. Kepala Kantor meminta agar hal- hal yang berpengaruh langsung pada proses pelaksanaan ujian seleksi PPG diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Terutama ketersediaan generator untuk mengantisipasi bilamana sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik. Selain itu Peserta diharapkan memiliki data internet yang memadai sehingga apabila WiFi di titik lokasi mengalami permasalahan, tidak sampai mengganggu proses seleksi ujian PPG yang sedang berlangsung, imbuhnya.

Untuk diketahui, ujian seleksi kompetensi akademik PPG bertujuan untuk mengetahui kompetensi dan profesionalitas guru serta menyiapkan guru untuk lebih siap mendidik generasi bangsa.

Selain itu, ujian seleksi kompetensi akademik PPG merupakan langkah awal untuk mendapatkan sertifikat guru yang merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi guru. Apabila peserta dinyatakan lulus dalam ujian seleksi PPG, maka selanjutnya masuk waiting list PPG. Setelah itu mereka akan dipanggil untuk mengikuti perkuliahan dengan durasi waktu tertentu. Apabila telah lulus kuliah akan diterbitkan sertifikat pendidik yang selanjutnya digunakan untuk mendapatkan tunjangan profesi guru.( Paulo/SF)

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.