15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Atasi Penyakit Demam Berdarah di Pondok Pesantren Sumbersari Kepung.

3 min read

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Penyakit Demam berdarah yang pernah melanda Pondok Pesantren ( PP) Sumbersari Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri pada akhir bulan September sampai Desember 2022 lalu, mendapat perhatian serius dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Oleh karena itu, hari Kamis(5/1) Tim Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz dengan Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri pimpinan dr. Bambang melakukan kunjungan ke PP. Sumbersari.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat kondisi terkini di Pondok Pesantren yang  belasan santrinya pernah terjangkit wabah Demam Berdarah.

Dalam kunjungan ini rombongan melakukan pertemuan dengan pihak Pengurus PP , untuk mendapatkan informasi terkini terkait kondisi penyebaran  DB di PP Sumbersari, setelah mendapatkan penanganan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri melalui Puskesmas Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

Pada pertemuan ini Kepala Kantor menyampaikan bahwa, kehadiran rombongan dari Kemenag dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, merupakan misi kebaikan bersama untuk memutuskan mata rantai penularan Penyakit Demam Berdarah ( DB ) yang pernah melanda PP. Sumbersari. Alhamdulillah berkat bantuan dari Dinas Kesehatan dan upaya kita bersama akhirnya wabah DB bisa diatasi. Ini karena Kerjasama dan sinergitas antara Dinas Kesehatan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri bersama Pengurus PP. sehingga permasalahan ini cepat teratasi, ujarnya.

Namun demikian Kepala Kantor tetap mengingatkan pengurus PP untuk senantiasa menjaga kebersihan dilingkungan Pondok. Kita harus merubah kesan yang seolah-olah pesantren tempat yang kotor dan jorok menjadi pesantren bersih dan sehat ” ungkapnya.

Kepala Kantor juga mendorong agar Pondok Pesantren terus membangun koordinasi dan komunikasi dengan Dinas kesehatan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, sehingga kasus DB yang pernah terjadi tidak terulang kembali.

Selain masalah kesehatan, kepala Kantor juga mengingatkan pengurus agar senantiasa menjaga pesantren dari tindakan kekerasan.

Sementara’itu Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili dr. Bambang mengingatkan agar Pola hidup benar-benar diperhatikan dan diterapkan, terutama tempat-tempat penampungan air yang selama ini menjadi tempat bersarangnya nyamuk-nyamuk, termasuk nyamuk yang menjadi sumber DB.

Beliau juga mengingatkan kepada pengurus PP untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Puskesmas Keling Kecamatan Kepung, bila mendapatkan gejala-gejala DB yang alami oleh santri. Apalagi di Pesantren Sumbersari saat ini sudah ada kader  poskestren, terangnya.

Untuk diketahui, 30 September 2022, PP. dikejutkan dengan adanya beberapa santri yang terserang DB.

Menurut penanggungjawab penyakit DBD dan TBC Puskesmas Keling Suhartini, setelah mendapat laporan adanya kasus DB di Pesantren Sumbersari, pihaknya langsung mengambil tindakan voging untuk mencegah terjadinya penyebaran . Namun setelah dilakukan voging, masih ada santri yang tertular. Oleh karena itu pihaknya mempelajari penyebab terjadinya perkembangan DB. Ternyata Bak mandi yang digunakan para santri tergolong besar, sehingga proses pengurasan tidak maksimal. Oleh karenanya pihaknya berkoordinasi dengan pengurus Pondok dilakukan program abatisasi  dan ikanisasi. Tujuannya adalah untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang ada dalam bak mandi, terangnya.

Setelah mencoba dengan program abatisasi dan ikanisasi, ternyata masih muncul kasus lagi .Akhirnya pihaknya membentuk kader pos kesehatan pondok pesantren yang tugas utamanya memastikan kegiatan pengurasan  bak mandi rutin dilakukan seminggu sekali. Setelah dilakukan pengurasan bak mandi seminggu sekali dan voging yang rutin, Alhamdulillah, akhir bulan Desember 2022, wabah DB yang sempat menyerang 15 santri ini sudah teratasi, ungkapnya.

Sebelum rombongan meninggalkan lokasi, Kepala Kantor secara simbolis menyerahkan bantuan seperangkat alat mandi dari UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri kepada pengurus Pondok Pesantren Sumbersari. ( Paulo/SF)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.