15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Melalui Seksi Pendma Gelar Kegiatan Pembinaan Bagi Ketua KKM se-Kabupaten Kediri

3 min read

Kab.Kediri ( Inmas ) Mengawali Tahun  Baru 2023, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri,melalui seksi Pendidikan Madrasah ( Pendma) hari Kamis ( 5/1) menggelar kegiatan pembinaan bagi Ketua kelompok Kerja Madrasah se- Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya konsolidasi serta menyatukan visi misi dan gerak langkah dalam mengelola dan mengembangkan Madrasah ditengah tantangan jaman yang semakin kompleks dan kompetitif.

Kegiatan yang berlangsung di aula serba guna Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini, diikuti sekitar 60 ketua KKM mulai dari jenjang RA, MI, MTs dan MA dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, Kasubbag TU Musyadad dan Kasi Pendma Abdullah Rosyad.

Dalam arahannya Kepala Kantor menyampaikan bahwa, Madrasah sebagai lembaga Pendidikan berperan penting dalam pembangunan bangsa. Peran Madrasah tidak hanya  sebagai media sosialisasi nilai-nilai ajaran agama Islam, akan tetapi juga sebagai pemeliharaan tradisi keagamaan dalam lingkungan masyarakat muslim serta sebagai wadah untuk membentuk akhlak dan kepribadian generasi muda Islam.

Oleh karena itu Kepala Kantor mengingatkan para Ketua KKM Madrasah yang juga merupakan Kepala Madrasah ini, untuk semakin meningkatkan peran Madrasah, sehingga benar-benar dirasakan oleh Masyarakat.

Walaupun tantangan ke depan semakin ketat, namun dengan manajemen pengelolaan yang baik yang berbasis pada niat ibadah, InsyaAllah Madrasah akan tetap eksis untuk Indonesia yang hebat, ujarnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kota Batu ini , juga mengingatkan agar Kepala Madrasah mampu mengikuti perkembangan zaman dengan meningkatkan kemampuan Tekhnologi Informasi ( IT). Karena kita berada di era digital,maka tidak ada kata lain,kecuali berusaha untuk mengetahui dan memahami tekhnologi informasi, minimal bisa mengoperasikan komputer maupun HP Android, lanjutnya.

Selain itu, Kepala Kantor juga meminta agar Kepala Madrasah benar-benar mengontrol lingkungan Madrasanya dengan baik, sehingga tidak terjadi tindakan kekerasan dalam Madrasah, baik secara verbal maupun secara non verbal, imbuhnya.

Terkait dengan adanya formasi Tenaga Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja ( PPPK ) tahun 2022, Kepala Kantor menghimbau kepada kepala Madrasah yang hadir, yang belum berstatus ASN untuk bersama-sama dengan guru dan tenaga Kependidikan di Madrasahnya masing,-masing, untuk memanfaatkan kesempatan ini. Begitu pula para Kepala Madrasah Negeri yang hadir, Kepala Kantor meminta agar membantu Guru dan Tenaga Kependidikan di Madrasahnya yang belum berstatus ASN, untuk mencari keberuntungan ini, katanya.

Sebelumnya Kasi Pendma dalam arahannya menyampaikan kabar baik kepada Guru PPPK   Formasi Tahun 2021 bahwa, Gaji PPPK bulan Juli sampai dengan Desember 2022, telah selesai diproses di Kanwil. Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, InsyaAllah dalam waktu dekat ini sudah bisa dicairkan, katanya.

Terkait dengan TPP terhutang tahun 2018 dan 2019 bagi guru Non PNS, Rosyaad menjelaskan bahwa, saat ini masih dalam proses audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan ( BPKB). Untuk Kabupaten Kediri masih menunggu antrian. Untuk pencairan TPP bagi guru non PNS tanahnya Kanwil . Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, terangnya.

Pria hobi Tenis Ini juga berharap, agar dalam mengelola dan mengembangkan Madrasah ,di lakukan secara profesional namun humanis. Artinya bila menghadapi permasalahan hendaknya melibatkan seluruh komponen Madrasah untuk bersama-sama mencari jalan keluar.

“Jika ada permasalahan administrasi dan lainnya yang terkait dengan kewajiban siswa, hendaknya dapat dikomunikasikan dan diselesaikan secara baik-baik. Jangan sampai menghambat apalagi merugikan siswa” tekannya. (Paulo/SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.