27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Buka Kegiatan MTQ, Sekretaris Daerah : Penyelenggaraan MTQ Upaya Membumikan Al-Quran di Bumi Panjalu

2 min read

Kab.Kediri ( Inmas ) Hari Rabu ( 30/11) bertempat di Convention Hall Simpang Lima Gumul ( SLG ) Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, dilaksanakan kegiatan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ ) Tingkat Kabupaten Kediri, sekaligus mengukuhkan Dewan Hakim dan Panitera MTQ Kabupaten Kediri, oleh Pj.Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Adi Suwignyo.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Musyadad mewakili Kepala Kantor bersama Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, dan Tokoh Agama hadir pada acara yang digelar setiap dua tahun sekali ini.

Ketua Panitia Penyelenggara MTQ Kabupaten Kediri Sumarlan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan MTQ merupakan kegiatan rutin Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Namun karena adanya pandemi covid 19, sehingga kegiatan MTQ sempat vakum selama dua tahun yakni tahun 2020 dan tahun 2021. Namun syukur Alhamdulillah di tahun 2022 kegiatan MTQ kembali di gelar, katanya.

Ia menambahkan, rangkaian kegiatan MTQ tahun 2022 akan dilaksanakan selama tiga hari,yakni tanggal 30 Desember 2022, dilakukan acara pembukaan sekaligus mengukuhkan Dewan Hakim dan Panitera. Sedangkan tanggal 1 Desember 2022 akan dilakukan perlombaan selama sehari penuh. Dan pada tanggal 3 Desember 2022  penyerahan hadiah dan piala sekaligus dilakukan acara penutupan, terangnya.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan MTQ menurut pria yang juga menjabat sebagai Kabag Kesra Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri ini, untuk terus membumikan Al-Quran di bumi panjalu sekaligus sebagai ajang menjaring potensi-potensi unggul untuk diikutkan pada lomba MTQ tingkat provinsi maupun nasional, ungkapnya.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kediri mengatakan, salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan bidang keagamaan adalah meningkatkan pemahaman Agama di masyarakat, yang termasuk di dalamnya melalui kegiatan MTQ. Ia berharap kegiatan MTQ tidak hanya berlomba untuk mencari kemenangan, akan tetapi lebih dari itu untuk mengedukasi masyarakat agar semakin mencintai Al-Qur’an dan semakin membumikan Al-Quran di bumi panjalu.

Kepada Dewan Hakim dan Panitera,mantan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri ini berpesan, agar bertindak tepat dan tegas dalam memimpin perlombaan, serta berlaku jujur dan adil bagi semua peserta.

Untuk diketahui, kegiatan MTQ tahun 2022 diikuti oleh Khafilah dari 26 Kecamatan se-Kabupaten Kediri. Adapun cabang- cabang yang diperlombakan dalam MTQ kali ini meliputi  Cabang Tilawah, yang terdiri dari golongan Tartil Al Qur’an putra dan putri, golongan Tilawah anak-anak putra dan putri, golongan Tilawah Remaja putra dan putri, golongan Tilawah Dewasa’putra dan putri, golongan Tilawah mujawwad putra dan putri, golongan Murattal Remaja putra dan putri, golongan Murattal Dewasa putra dan putri.

Sedangkan Cabang Hifdz terdiri dari golongan Hifdz 1 juz dan Tilawah putra dan putri, golongan Hifdz 5 juz dan Tilawah putra dan putri, golongan Hifdz 20 dan 30 juz putra dan putri.

Sementara untuk Cabang Lomba yang ketiga adalah  Cabang Khath Al-Qur’an yang terdiri dari, golongan naskah putra dan putri, golongan dekorasi putra dan putri, golongan hiasan mushaf putra dan putri, dan golongan kontemporer putra dan putri.( Paulo/SF)

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.