22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Beri Pembinaan Pada Guru IGRA, Kasi Pendma : Guru Yang Bisa di Gugu dan di Tiru.

2 min read

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kediri Abdullah Rosyaad, hari Rabu (5/10) memberikan pembinaan kepada Guru Raudhatul Athfal (RA) yang tergabung dalam wadah organisasi Ikatan Guru Raudhatul Athfal ( IGRA ) Kabupaten Kediri.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Atas Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kediri ini, dihadiri oleh Pengurus IGRA Kabupaten Kediri dan Pengurus IGRA Kecamatan se- Kabupaten Kediri.

Dalam Pembinaannya Kasi Pendma mengapresiasi atas Kinerja, semangat dan Kekompakan IGRA yang luar biasa, dalam menjalankan tugas sebagai Pendidik atau Guru yang betul betul bisa di gugu dan di tiru, uujarnya.

Ia menerangkan, dalam rangka mencerdaskan anak Bangsa, ada 3 aspek yang perlu diperhatikan antara lain, Kognitif yaitu Kecerdasan Akal. Afektif yaitu kecerdasan perilaku, dan yang terakhir Kecerdasan Ketrampilan.

Diharapkan setelah belajar, anak anak bisa Cerdas akalnya bisa baik perilakunya dan bisa hebat keterampilannya, yang orang Jawa menyebutnya dengan istilah PINTER. BENEH dan TRAMPIL,terangnya.

Oleh karenanya kata Rosyaad, seorang guru harus betul-betul siap akan tugas yang harus dilaksanakannya : yaitu, Pertama,
merencanakan kegiatan pembelajaran. Perencanaan ini harus dituangkan dalam RPP.

Kedua, melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Kepala Madrasah.

Ketiga, melaksanakan Evaluasi.
Bagian ini sangat penting karena tujuannya adalah. untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerima materi yang telah disampaikan oleh guru.

Keempat adalah melaksanakan Pengayaan dan Remidial .
Ketika hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh guru belum sesuai dengan harapan, maka harus di ulang dengan Remidi.
Dan apabila hasil evaluasi yang telah dilaksanakan hasilnya memuaskan, maka tugas guru harus memberikan pengayaan, ujarnya mengakhiri pembinaan.

( hms/ Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.