Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Gelar Rakor KSM 2022

 

Kab.Kediri (Inmas) Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kediri melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) hari Jumat (29 /7), bertempat di Meeting Room Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, menyelenggarakan Rapat Koordinasi (RAKOR) Kompetisi Sains Madrasah ( KSM ) berbasis Komputer tahun 2022.
Hadir dalam kegiatan Rakor ini Ketua K3M MI, Ketua K3M MTs
, Ketua K3M MA, Ketua Pokjawas
dan Helpdesk jenjang MI, MTs dan MA serta Operator KSM Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Menurut Kasi Pendma Abdullah Rosyaad, Rakor ini penting sebab KSM merupakan kegiatan yang digelar oleh Kementrian Agama sebagai Wahana membangun semangat dan gairah berkompetisi di kalangan siswa Madrasah dalam mengelaborasi sains dengan konteks nilai nilai islam.

Integrasi sains dan nilai nilai islam dalam KSM meliputi soal-soal Sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an. Soal soal dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam seperti Zakat, Falak dan tema lainya.
Hal ini dimaksudkan Agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik.
Soal KSM akan menggunakan Bahasa Indonesia. Inggris dan Arab. Hal ini merupakan sebuah bentuk persiapan KSM yang akan Go Internasional, terangnya.

Lanjut Rosyaad, adapun tujuan KSM secara umum adalah Untuk memperteguh akhlak mulia, Kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan. Cerdas, sehat, disiplin serta menguasai IPTEK.
Sedangkan tujuan secara Khusus KSM adalah menyediakan wahana bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, memotivasi siswa agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai nilai islam.
Adapun Bidang-bidang yang dilombakan dalam KSM adalah, Jenjang MI meliputi Matematika dan IPA terintegrasi .Jenjang MTs meliputi Matematika, IPA dan IPS terintegrasi.
Jenjang MA meliputi Matematika, Biologi. Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi terintegrasi.

Untuk di ketahui, menurut rencana uji coba KSM akan dilaksanakan tanggal 9 – 11 Agustus 2022. Jenjang MI pelaksanaan uji coba KSM akan dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2022. Tingkat MTs dan MA akan dilaksanakan pada tgl 14 Agustus 2022. Sedangkan lokasi pelaksanaan KSM akan ditentukan oleh team Pendma.
Adapun Jumlah peserta KSM Kabupaten Kediri sebanyak 752 siswa,yang terdiri dari MI 332 siswa, MTs 239 siswa
dan MA 181 siswa.(hms/Paulo)