Jadi Narsum Dalam Acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Kepala Kantor: Indonesia Adalah Rumah Besar Bersama

 

Kab.Kediri (Inmas) Indonesia adalah Rumah besar bagi semua orang.Untuk itu tidak ada satu kelompok masyarakatpun yang boleh mengklaim sebagai pemilik rumah besar ini.

Demikian yang di sampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri,di hadapan para Kepala RA se-Kabupaten Kediri, saat menjadi nara sumber pada acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, yang di gelar oleh Pengurus Forum Komunikasi Madrasah (FKM) Kabupaten Kediri di hotel Grand Surya Kota Kediri.

Menurut beliau, Indonesia adalah rumah besar yang di dalamnya terdapat berbagai macamĀ  agama,suku,ras danĀ  golongan. Oleh karena itu semua wajib menjaga dan merawat keberagaman yang ada,supaya tidak terjadi gesekan dan benturan yang akan mengakibatkan disharmonisasi dan instabilitas,yang bisa membakar dan menghancurkan rumah besar kita.

Ia mencontohkan negara-negara di Timur Tengah, yang walaupun satu agama dan keyakinan, tetapi sering terjadi konflik bahkan perang saudara yang berkepanjangan.

Kita patut bangga dan bersyukur sebagai bangsa Indonesia, karena mempunyai Pancasila sebagai ideologi bangsa yang mampu menyatukan. Walaupun beberapa kali adanya gerakan -gerakan inskonstitusional yang ingin merubah dasar negara,tetapi semua gerakan tersebut berakhir dengan kegagalan,terangnya.

Ia menambahkan, saat ini muncul segelintir orang yang membuat suatu gerakan yang ingin mengubah bentuk negara Indonesia dan di ganti dengan negara khilafah.

Mereka bergerak secara masif dan melalui kegiatan- kegiatan yang berkedok Sosial keagamaan. Oleh karena itu Kepala Kantor meminta kepada seluruh peserta untuk senantiasa mawas diri,agar tidak terpengaruh dengan hasutan dan rayuan orang-orang yang tidak bertanggung jawab,ujarnya.

Kementerian Agama sebagai salah satu institusi negara, telah menggulirkan program Moderasi Beragama sebagai pedoman kita dalam beragama, berbangsa dan bernegara. Sehingga terjadi sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain, yang nantinya diharapkan akan menciptakan suasana yang tenang,aman dan damai,jelasnya.(hms/ Paulo)