27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Jamaah Haji Kabupaten Kediri Dapat Jatah Makan Tiga Kali Sehari dan Air Mineral Yang Melimpah

2 min read

Kab.Kediri(Inmas) Hingga Memasuki hari kedelapan belas di tanah suci, kondisi kesehatan para Jamaah Haji Kabupaten Kediri secara umum dalam keadaan baik dan sehat.

Demikian informasi yang disampaikan Ahmad Sururi, salah satu Jamaah Haji Kabupaten Kediri yang tergabung dalam kloter 11 dari tanah suci Makkah Arab Saudi.

Menurut pria yang juga Kepala MIN 2 Kediri ini, walaupun ada beberapa Jamaah Haji yang mengalami gangguan kesehatan, namun sakit yang di derita tergolong ringan, seperti batuk dan pilek, sehingga tidak mengganggu Jamaah Haji dalam melaksanakan rangkaian kegiatan ibadah haji. Sakit batuk dan pilek yang di derita oleh sebagian kecil Jamaah Haji,selain karena faktor cuaca,juga karena adanya kelalaian jamaah haji sendiri, yang terkadang mengabaikan saran petugas kesehatan dengan mengonsumsi air zam-zam dingin yang berlebihan. Padahal selalu diingatkan untuk meminum air zam-zam not cold, ceritanya.

Namun demikian kesigapan kerjasapan Tim kesehatan yang sangat baik, sehingga sakit batuk dan pilek yang di derita oleh Jamaah haji dapat diatasi dengan cepat.

Selain kerjasama dan kekompakan Tim kesehatan, pria humoris ini juga membagi informasi terkait layanan konsumsi, penyediaan air mineral dan obat-obat di hotel tempat jamaah haji tinggal. Dikatakannya bahwa, untuk konsumsi jamaah haji mendapatkan jatah makan 3 kali sehari dengan porsi besar, sehingga jamaah haji tidak perlu membelikan makanan dan cemilan di luar. Demikian pula air mineral dan obat-obatan, disediakan dalam jumlah yang cukup, sehingga tidak kekurangan air maupun obat-obatan.

Beliau juga menceritakan bahwa, saat ini Jamah Haji Kabupaten Kediri masih berada di Makkah. Adapun aktifitas hari ini Selasa(28/6) adalah, sehabis sholat subuh dilanjutkan dengan umroh sunnah.Setelah itu ambil miqot di tan’im. Lalu dilanjutkan dengan towaf sa’i dan tahallul.Sekitar pk.09.00 was, jamaah haji kembali ke hotel untuk sarapan pagi dan istrahat. Dan pk.11.00 was jamaah haji menuju ke masjid hotel untuk melaksanakan ibadah. Dan pada pk 13.00 was Jamaah haji menuju masjidil haram untuk melaksanakan sholat ashar,Maghrib dan isya’.Sekitar pk.20.00wib Jamaah haji kembali ke hotel untuk makan malam, dan tidur. Jadi setiap hari sebagian besar waktu jamaah haji di habiskan untuk ibadah, terangnya (hms/Paulo)

 

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.