22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Gelar Bimbingan Manasik Haji

2 min read

Kab.Kediri(Inmas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Rabu(25/5) menggelar Bimbingan Manasik Haji Tahun 1443H/2022M.

Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji merupakan tindak lanjut dari Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI nomor 146 tahun 2022, tentang Pedoman Pelaksanaan Pembimbingan Jemaah Haji Reguler Tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan Tahun 1443H/2022M. Dimana untuk tingkat Kecamatan dilaksanakan empat kali, dan untuk tingkat Kabupaten dan Kota dilaksanakan dua kali.

Menurut  Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Abd.Kholiq Nawawi,sebanyak 512 Jamaah Kabupaten Kediri menghadiri acara ini  Kata Kholiq, jamaah haji yang ikut bimbingan manasik haji adalah Jamaah Haji berhak berangkat tahun 2022, yang telah melakukan konfirmasi pelunasan pada tanggal 9 Mei sampai dengan 20 Mei 2022 yang lalu .

Sementara itu, Kepala Kantor dalam sambutan dan pembinaannya mengatakan, Haji merupakan kegiatan fisik yang menuntut kesiapan fisik yang prima.Oleh karena itu beliau meminta kepada para tamu Allah ini, untuk menjaga kesehatan dengan baik,sehingga bisa menunaikan ibadah haji dengan lancar,ujarnya.

Apalagi suhu udara di tanah suci sangat panas.Saat ini suhu udara telah mencapai 43 derajat celsius.Tidak menutup kemungkinan,saat bapak ibu menunaikan ibadah haji suhu panas bisa mencapai 50 derajat celsius.Oleh karena itu mulai saat ini harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan aktifitas olah raga serta mengonsumsi makanan yang bergizi,lanjutnya.

Ia juga mengingatkan Jamaah Haji,agar tidak membawa barang-barang yang berlebihan. Karena pihak maskapai telah mengeluarkan ketetapan syarat tentang jenis dan bobot barang yang di perbolehkan dalam penerbangan,yakni untuk  bobot barang saat berangkat seberat 20 kg,yaitu koper 15 kg dan tas jinjing 5 kg.  Sedangkan saat pulang berat barang yang di bawa seberat 30 kg,terangnya. Sedangkan untuk jenis barang yang di larang bawa dalam penerbangan antara lain,  gunting,palu, paku, parfum, minyak goreng dan sejenisnya masalah makanan jangan kwatir.Mulai saat berangkat dari Kabupaten Kediri menuju Asrama haji Sukolilo Surabaya,serta selama di tanah suci,semua.kebutuhan makanan akan di cukupi. Selama di tanah suci bapak Ibu akan mendapatkan 117 kali jatah makan. Semua masakan di olah oleh tukang masak profesional. Semua menu makanan bercita rasa nusantara, ujarnya meyakinkan.

Sebelum mengakhiri pembinaan, Kepala Kantor mengingatkan jamaah haji, bilamana sudah berada di tanah suci, harus mengonsumsi air putih yang banyak.Jika saat buang air kecil air seni berwarna coklat,lebih baik tetap berada dalam hotel.Tidak perlu keluar.Karena kalau dipaksakan bisa dehidrasi.Karena menurut informasi terakhir yang kami terima dari staf khusus Menteri Agama yang saat ini sudah berada di Arab Saudi, suhu panas diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celsius saat musim haji nanti.Dan situasi seperti itu bisa berlangsung lima sampai tujuh tahun mendatang, katanya (Paulo)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.