22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Buka Diklat Penggerak Penguatan Moderasi Beragama

2 min read

Kab.Kediri(Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri,Selasa(24/5)membuka kegiatan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama di Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri dan Kota Kediri.

Kegiatan Pelatihan diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Menurut rencana, kegiatan yang melibatkan 30 orang sebagai peserta yang terdiri dari Penyuluh Agama Fungsional (PAIF) dan Penghulu Wilayah Kabupaten dan Kota Kediri ini akan berlangsung selama 5 hari,yakni mulai dari tanggal 24 Mei sampai dengan 28 Mei 2022.

Kepala Kantor dalam sambutannya  berharap agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Sebab sebagai Penyuluh dan Penghulu yang berhadapan langsung dengan masyarakat, sangat penting bagi kita untuk memahami dan mengerti tentang Moderasi Beragama. Karena Moderasi Beragama merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Gus Menteri,yang wajib di pahami oleh seluruh Aparatur Sipil Negara( ASN) Kementerian Agama, dan selanjutnya bisa di diseminasi  kepada masyarakat luas, tandasnya .

Oleh karena itu beliau amat berterima kasih kepada BDK Surabaya yang berkenan memberikan pelatihan terkait Moderasi Beragama.

Terkait dengan Moderasi Beragama, Kepala Kantor menerangkan, terjadi kesalahan persepsi dalam masyarakat seolah-olah Agama yang di moderasi, sehingga muncul resistensi dan penolakan dari sebagian masyarakat. Padahal yang di maksud dengan Moderasi Beragama adalah cara pandang dan sikap umat beragama yang perlu ditempatkan pada posisi moderat, sehingga tidak memunculkan sikap ekstremisme yang bisa memecah-belah persatuan dan kesatuan warga bangsa, urainya.

Oleh sebab itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh ASN Kementerian Agama, untuk memberikan pemahaman yang benar tentang Moderasi Beragama, sehingga timbul sikap toleransi dan saling menghormati dan menghargai sesama anak bangsa, sehingga masyarakat hidup, damai dan harmoni tambahnya. (hms/Paulo)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.