25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Nara Sumber Pembinaan Mental ASN Agama Hindu Kabupaten Kediri

1 min read

Kab.Kediri(Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri,. Kamis(19/5) menjadi Nara sumber dalam acara pembinaan Mental Abdi Sipil Negara (ASN) beragama Hindu Kabupaten Kediri.

Acara ini di selenggarakan oleh Bidang Kesra Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri, bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Dalam materinya yang berjudul ‘Moderasi Beragama” Kepala Kantor mengingatkan peserta sebagai warga negara Indonesia yang berstatus ASN, wajib menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan membina toleransi beragama dalam negara Pancasila yang majemuk.

è

Di hadapan sekitar 40 peserta yang hadir, kepala Kantor menjelaskan bahwa, Moderasi beragama jangan diartikan seolah-oleh Agama yang harus di rubah.Tetapi yang dimaksud moderasi beragama adalah cara pandang seseorang dalam beragama secara moderat.Artinya memahami dan mengamalkan Agama dengan tidak extrim.Baik itu extrim kanan seperti pemahaman agama yang sangat kaku. Ataupun extrim kiri seperti pemahaman yang sangat liberal. terangnya.

Semua beragama harus meyakini bahwa Agamanyalah yang paling benar. Namun kita tidak boleh mengatakan agama orang lain tidak benar. Lalu cara pandang kita ini, kita implementasikan dengan tidak menghormati agama orang lain, bahkan  melarang orang lain untuk melakukan ritual agamanya, lanjutnya.

Walaupun Indonesia bukanlah negara agama, tapi Indonesia juga bukanlah negara sekuler. Karena Indonesia adalah negara Pancasila yang sila pertamanya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh karena itu,pria berkaca mata ini menekankan bahwa,cara pandang yang sangat liberal, tidaklah sesuai di negara Pancasila yang berKeTuhanan perlu di rubah, tegasnya.(Paulo)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.