5 Mei 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Ribuan Jama’ah Haji Reguler Kabupaten Kediri Yang Akan Berangkat Ke Tanah Suci Tahun 2024, Ikuti Manasik Haji Massal Pertama

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas)Sebanyak 1.109 Jama’ah haji Reguler dari Kabupaten Kediri yang akan berangkat ke Tanah Suci Tahun 2024, hari Rabu (24/4) mengikuti kegiatan Manasik Haji Massal pertama yang diselenggarakan oleh Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Kegiatan ini merupakan awal dari serangkaian bimbingan yang diberikan kepada jama’ah haji sebagai persiapan sebelum berangkat ke tanah suci.

Dalam kegiatan manasik haji massal pertama ini, juga dihadirkan 15 orang Petugas haji yang akan mendampingi para jamaah haji saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Adapun ke 15 petugas haji tersebut terdiri dari Ketua Kloter, Kyai Kloter, Petugas kesehatan dan Petugas Haji Daerah.

Acara yang berlangsung di aula serbaguna guna Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz.

Dalam sambutannya Kepala Kantor mengajak para jama’ah untuk bersyukur atas kesehatan, kesempatan dan rezeki yang diberikan Allah SWT, dan menekankan pentingnya niat yang tulus dalam melaksanakan ibadah haji. Beliau juga mengingatkan para jama’ah untuk saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain selama proses ibadah haji berlangsung.

Sebelumnya Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Abd Kholiq Nawawi dalam laporannya menyampaikan bahwa, pelaksanaan Manasik Haji berpedoman pada Keputusan DIRJEN PHU nomor 146 Tahun 2019, Tentang Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Terpadu Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Kantor Urusan Agama Kecamatan. Maka pelaksanaan Manasik Haji di Kabupaten Kediri akan dilakukan sebanyak 8 kali. Dua kalimat secara massal di tingkat Kabupaten dan 6 kali secara kelompok di tingkat Kecamatan, terangnya.

Ia berharap dengan adanya Bimbingan Manasik Haji ini, para Jamaah Haji akan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang tata cara dan hikmah ibadah haji, serta kesiapan fisik dan mental yang diperlukan, sehingga jama’ah haji akan siap dan lebih percaya diri dalam menjalankan ibadah haji, tambahnya.

Pria berkacamata mata ini juga meminta jama’ah haji, supaya rajin dan aktif mengikuti setiap bimbingan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, baik’ ditingkat Kecamatan ataupun di tingkat Kabupaten.

Pada kegiatan manasik haji pertana ini, Seksi PHU menghadirkan narasumber Ahmad Alaudin, ketua Tim Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, dengan materi Kebijakan Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Tahun 1445H/ 2024 M.

Kegiatan Manasik Haji Massal ini mendapat sambutan positif dari para Jama’ah haji. Mereka berharap dengan bimbingan manasik haji yang diikuti ini, semakin menguatkan niat, fisik maupun mental mereka untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik’ dan lancar.( Paulo/ Pras/ Indra)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.