30 Mei 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Untuk Membantu Masyarakat Kurang Mampu, UPZ Kantor Kementerian Agama Kab. Kediri Salurkan Bantuan ke Lembaga Madrasah dan Panti Asuhan

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) hari Senin (22/4) menyalurkan bantuan sosial ke beberapa lembaga Madrasah dan Panti Asuhan di Kabupaten Kediri.Bantuan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban hidup di Panti Asuhan serta membantu biaya pendidikan bagi anak kurang beruntung di Madrasah-Madrasah.

Penyerahan Bantuan ini dilakukan oleh Tim UPZ yang dipimpin oleh Sekretaris UPZ Mudhofir. Penyerahan bantuan diawal dari Panti Asuhan Mutiara Gemilang. Di panti Asuhan yang beralamat di Jl. Raya Gampengrejo nomor 48 Kediri ini, Tim UPZ menyerahkan bantuan program Muslim Sehat berupa seperangkat alat-alat kebersihan dan paket sembako. Bantuan ini di terima oleh Pimpinan Panti Asuhan Mutiara Gemilang Nur Rofiq.

Setelah menyerahkan bantuan program Muslim Sehat di Panti Asuhan Mutiara Gemilang, Tim UPZ yang beranggotakan empat orang ini bergeser menuju ke MTsN 3 Kediri di Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Di Madrasah Tsanawiyah Negeri paling Utara di Kabupaten Kediri ini, Tim menyerahkan bantuan program Muslim cerdas, berupa uang sebesar Rp. 10.000.000,- dari BAZNAS Kabupaten Kediri kepada siswa kurang mampu dan Yatim Piatu di MTsN 3 Kediri. Bantuan ini di terima langsung oleh Kepala MTsN 3 Kediri Siti Aliyah.

Setelah sekitar 1 jam berapa di MTsN 3 Kediri, Mudhofir dan kawan-kawan menuju ke MAN 2 Kediri yang jaraknya kurang lebih 50 meter dari MTsN 3 Kediri.

Di Madrasah pimpinan Murwono ini, rombongan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri di terima oleh Kepala Tata Usaha (Ka. TU) MAN 2 Kediri Hudi. Setelah berbincang-bincang sejenak, Mudhofir selaku ketua Tim menyerahkan bantuan program Muslim Cerdas berupa uang tunai sebesar Rp.10.000.000,- dari BAZNAS Kabupaten Kediri untuk siswa kurang mampu atau yatim piatu yang bersekolah di MAN 2 Kediri.

Untuk diketahui, UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri memiliki tiga program unggulan yang selama ini sudah berjalan dengan baik yakni, PROGRAM MUSLIM SEHAT. Program ini memberikan bantuan berupa seperangkat alat-alat kebersihan dan paket sembako kepada Masyarakat, terutama yang berada di lembaga Pondok Pesantren maupun Panti Asuhan. Program Kedua UPZ adalah PROGRAM MUSLIM CERDAS. Program ini memberikan bantuan berupa uang tunai kepada siswa-siswi kurang mampu yang bersekolah di Madrasah dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Sedangkan Program Ketiga dari UPZ adalah PROGRAM MUSLIM MANDIRI. Program ini bertujuan memperdayakan masyarakat kurang mampu yang memiliki kemauan dan ketrampilan untuk berwirausaha. Kepada masyarakat kategori ini, UPZ memberikan bantuan berupa Alat berjualan seperti Gerobak kepada masyarakat yang ingin berdagang, dan juga hewan ternak berupa Kambing bagi masyarakat yang ingin berternak. Dalam menjalankan program- program tersebut, pihak UPZ bekerja sama dengan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.( Paulo/ Pras/ Indra)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.