27 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Dalam Acara Pembukaan Rakernas, Menteri Agama Tekankan Pentingnya Revitalisasi BKM

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas) Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kembali menekankan pentingnya revitalisasi Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) dalam rangka meningkatkan peran masjid sebagai pusat kegiatan sosial, pendidikan, dan pemberdayaan umat. Hal ini disampaikan Menag dalam sambutannya pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) tahun 2023, pada hari Rabu (8/11).

Menurut Menag, revitalisasi BKM, setidaknya menyangkut tiga ranah. Pertama, membentuk dan mengokohkan kepengurusan organisasinya. Kedua, mencermati dan memperkuat payung regulasinya. Ketiga, mengembangkan dan memperluas jaringan kerjasamanya..

“Kita harus memastikan bahwa BKM memiliki kepengurusan yang solid, profesional, dan berintegritas. BKM juga harus memiliki regulasi yang jelas, kuat, dan sesuai dengan perkembangan zaman. BKM juga harus mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat sipil, untuk mendukung program-program yang bermanfaat bagi umat,” ujar Menag.

Menag juga mengingatkan agar BKM menjaga masjid dari politisasi yang dapat merusak fungsi dan citra masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kerukunan umat beragama. Menag mengutip pesan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa masjid harus menjadi pemersatu dan pusat kemajuan bangsa.

“Masjid bukan tempat untuk berpolitik praktis, apalagi menjelang tahun politik 2024. Masjid harus menjadi tempat yang khidmat untuk beribadah, mempersatukan keberagaman kita, edukatif dan mendidik untuk pembelajaran karakter kita,” tegas Menag.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz bersama Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri yang sedang mengikuti Rakernas BKM di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta mengatakan, untuk mendukung dan menyukseskan program Menteri Agama dalam mengaktifkan kembali BKM, pihaknya selaku Ketua BKM Kabupaten Kediri telah melantik Pengurus BKM tingkat Kecamatan, dan insyaallah dalam waktu dekat akan membentuk kepengurusan BKM tingkat Desa. Dan diharapkan dapat melakukan kerjasama dan sinergitas dengan berbagai pihak untuk mempercepat program revitalisasi BKM, ujarnya.

Untuk diketahui, Rakernas BKM 2023 dihadiri oleh sekitar 1.334 peserta dari seluruh Indonesia.Rakernas dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (8/11/2023) di Istana Negara Jakarta.( Paulo/Pras/Hindra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.