27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Ingin Edukasi Masyarakat Cara Mendapatkan Sertifikat Produk Halal, Kankemenag Kab. Kediri Partisipasi Dalam Pameran UMKM Yang di Gelar Pemda Kabupaten Kediri

2 min read

 

Kab. Kediri (Inmas)  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri melalui Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) ikut berpartisipasi dalam pameran Usaha Kecil Mikro dan Menengah ( UMKM) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri.  Kegiatan yang dipusatkan di Simpan Lima Gumul ini di mulai dari tanggal 8 Maret sampai dengan 12 Maret 2023. Kegiatan pameran UMKM merupakan serangkaian kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri dalam memperingati hari jadi Kabupaten Kediri yang ke 1219.

Keikutsertaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri dalam ajang pameran ini, selain memperkenalkan produk-produk  halal yang diproduksi oleh pengusaha UMKM Kabupaten Kediri, juga ingin mengedukasi serta memberi pendampingan kepada masyarakat yang berkecimpung dalam usaha kecil mikro dan menengah untuk mendapatkan sertifikat produk halal.

Kepala  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz bersama Ibu, didampingi Kasubag TU Musyadad bersama Ibu, hari Jumat(10/3) mengunjungi Stand Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri yang terletak di sekitar pintu masuk area pameran.

Kehadiran beliau disambut oleh rekan-rekan Penyuluh yang mendapatkan giliran jaga stand pada hari itu.

Kepala Kantor sangat antusias melihat barang-barang produk halal serta fasilitas sarana lainnya yang dipamerkan di stand pameran milik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kepada Kepala Kantor, Fakhor salah satu Penyuluh Agama yang sedang menjada Stand menerangkan bahwa, memasuki hari kedua pameran di SLG, banyak pengunjung yang mengunjungi Stand Pameran Kementerian Agama. Mereka selain belanja produk UMKM yang bersertifikasi halal, juga kebanyakan dari pengunjung berkonsultasi terkait syarat dan prosedur pengurusan sertifikasi halal. Oleh karena itu pihaknya menyiapkan tenaga penyuluh yang sudah mendapatkan Sertifikat sebagai Tenaga Pendamping produk halal, juga menyiapkan brosur-brosur yang berisikan informasi tentang bagaimana cara pengurusan dan perolehan sertifikat produk halal, urainya. Setiap hari terutama pada malam hari, stand pameran Kementerian Agama selalu ramai dikunjungi pengunjung, tambahnya.

Kepala Kantor dengan seksama menyimak laporan dari Penyuluh. Ia memberikan semangat agar Penyuluh yang merupakan penyambung lidah Kementerian Agama, terus mensyiarkan sertifikasi produk halal kepada masyarakat, terutama kepada pelaku UMKM Kabupaten Kediri. Kita harus melindungi umat Islam yang merupakan masyarakat mayoritas di negeri ini dari produk makanan yang semakin menjamur yang kita tidak mengetahui kehalalannya. Jangan sampai mereka mengonsumsi makanan yang tidak halal, tekannya.

Beliau menambahkan, Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Tetapi  sertifikasi produk halal belum begitu trend seperti yang terdapat di negara- negara lain. Bahkan Amerika dan beberapa negara Eropa lainnya yang muslimnya minoritas, malah masalah produk halal sudah ngetrend.Oleh karena itu menjadi tugas kita bersama sebagai punggawa Kementerian Agama untuk tidak bosan-bosan  mengajak pelaku UMKM agar bisa mengurus sertifikat produk halal, serta memproduksi produk-produk yang halal bagi konsumen di tanah air, harapnya.( Paulo/ SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.