22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

120 Penari Moderasi Beragama Sambut Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Saat Resmikan Masjid Al-Maskur’yah dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RKB MTsN 1 Kediri

3 min read

Kab. Kediri ( Inmas )Sekitar pk. 08.30 sebuah mobil Pajero Sport berwarna hitam dan berplat merah bertuliskan L 31,  yang membawa Kepala Kantor Wilayah ( Kakanwil ) Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Maram memasuki halaman MTsN 1 Kediri.

Turun dari mobil mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya ini, langsung disambut oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, Kepala MTsN 1 Kediri Zainuddin, Ketua Komite MTsN 1 Kediri Maskur Lukman, Kasubbag TU Musyadad, Kasi Pendma Abdullah Rosyad yang sudah menunggu di halaman depan MTsN 1 Kediri.

Kehadiran orang nomor satu dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur ini, untuk meresmikan  Masjid Al-Maskur’yah MTsN 1 Kediri serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) MTsN 1 Kediri.

Setelah transit sejenak di ruang kerja  Kepala MTsN 1 Kediri, Kakanwil didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Kepala MTsN 1 Kediri, Ketua Komite MTsN 1 Kediri, Kasubbag TU dan Kasi Pendma menuju ke halaman belakang gedung utama MTsN 1 Kediri untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) MTsN 1 Kediri.

Acara peletakan batu pertama diawali dengan pembacaan Doa dan lantunan adzan oleh Waka Kesiswaan MTsN 1 Kediri Misbahul. Selanjutnya secara bertutur- turut dilakukan peletakan batu yang diawali oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, disusul oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, lalu oleh Kasi Sarpras Bidang Pendma Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Ketua Komite dan terakhir Kepala MTsN 1 Kediri.

Selanjutnya Kakanwil dan rombongan menuju mimbar utama untuk mengikuti acara seremonial peresmian Masjid Al-Maskur’yah MTsN 1 Kediri.

Kakanwil dan rombongan disuguhi dengan Tari Kolosal Moderasi Beragama yang dibawakan oleh 120 siswa MTsN 1 Kediri. Dengan kostum berbagai pakaian adat Nusantara, para penari dengan penuh semangat memberikan suguhan tarian yang membuat Kakanwil dan tamu undangan yang hadir berdecak kagum sampai memberikan applause berkali-kali.

Dengan didampingi oleh Kepala Kantor, Kepala MTsN 1 Kediri, Ketua Komite MTsN 1 Kediri, Kasubbag TU, dan Kasi Pendma, Kakanwil memulai rangkaian peresmian Masjid Al-Maskur’yah yang diawali dengan pemandangan prasasti. Selanjutnya Kakanwil dan rombongan diarahkan menuju Masjid Al-Maskur’yah dan melakukan pemotongan pita.

Sebelumnya pria humoris ini dalam sambutannya mengajak segenap warga MTsN 1 Kediri untuk senantiasa bersyukur, karena hari ini (Jumat red) Masjid Al-Maskur’yah MTsN 1 Kediri dapat diresmikan dan sudah bisa digunakan, ungkapnya.

Menurut beliau, keberadaan masjid selain sebagai sarana peribadatan, juga merupakan media pendidikan untuk membentuk karakter dan akhlak siswa. Sehingga diharapkan siswa-siswi MTsN 1 Kediri menjadi generasi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan berdaya saing global, serta memiliki karakter baik dan akhlak mulia.

Tidak hanya itu, Kakanwil juga mengungkapkan pentingnya membentuk siswa yang moderat. Yang  memiliki komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan mau menerima tradisi yang berlaku di masyarakat.

Kepada orang tua dan wali.murid, beliau menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, karena telah menjadi mitra yang baik bagi MTsN 1 Kediri dalam menyediakan fasilitas dan sarana pendidikan, termasuk Masjid Al-Maskur’yah.

Sementara itu Kepala Kantor dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur yang tak terhingga karena ditengah-tengah kesibukan yang luar biasa, bapak Kakanwil masih bisa menempatkan diri hadir di MTsN 1 Kediri. Kehadiran bapak Kakanwil merupakan energi positif yang tentu akan semakin menggairahkan semangat warga MTsN 1 Kediri khususnya, dan keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri untuk terus menambahkan fasilitas dan sarana pendidikan di Madrasah sebagai bagian dari pemberian layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik, ujarnya.

Senada dengan Kakanwil, Kepala Kantor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua dan wali murid yang sangat berperan besar dalam menghadirkan sarana dan fasilitas pendidikan di MTsN 1 Kediri, termasuk masjid yang akan sangat membantu dalam membentuk karakter anak didik.( Paulo/SF )

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.