22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Dusun Sidodadi Desa Besowo Kampung Zakat Pertama di Kabupaten Kediri

2 min read

Kab.Kediri ( Inmas ) Kampung Zakat merupakan salah satu program Kementerian Agama yang harus dimunculkan secara masif dan berkelanjutan,karena dapat memberdayakan ekonomi masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz,saat melaunching Kampung Zakat di Dusun Sidodadi Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, pada hari Kamis (2/2).

Ia menambahkan, dengan adanya pembentukan Kampung Zakat di Dusun Sidodadi yang merupakan perdana di Kabupaten Kediri, diharapkan sekelompok masyarakat berpenghasilan rendah dapat di bina melalui  sinergitas antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri dengan Baznas, Lazisnu dan Lazismu, Pemerintah Kecamatan Kepung dan Pemerintah Desa Besowo, sehingga bersama-sama mengentaskan kemiskinan dan memperluas lapangan pekerjaan, yang tujuan akhirnya dapat menghapus kelompok masyarakat mustahiq dan menciptakan Muzakki baru, harapnya.

Beliau juga menerangkan bahwa, selain Kampung Zakat, di Kabupaten Kediri khususnya di KUA Papar telah berdiri Rumah produk halal,yang bisa membantu pelaku UMKM yang ingin mendapatkan sertifikat halal.

Hadir dalam acara ini para pejabat eselon 4 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Muspika Kecamatan Kepung, perwakilan Baznas Kabupaten Kediri, perwakilan Lazisnu dan Lazismu Kabupaten Kediri, Pokjaluh, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Selain launching Kampung Zakat, Kepala Kantor juga secara simbolis menyerahkan 10 ekor Kambing dari Unit Pengelola Zakat ( UPZ ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri kepada kelompok Peternak Al – Barokah Dusun Sidodadi Desa Besowo.

Terkait dengan bantuan 10 ekor kambing kepada Kelompok Peternak Al-Barokah, kepala Kantor meminta Pokjaluh dan Penyuluh Agama Kecamatan Kepung menjalin kerja sama dengan dinas terkait, agar terus melakukan pendampingan secara kontinyu, sehingga ternak yang sudah dibagikan kepada masyarakat benar-benar berkembang baik,dan bisa ditularkan kepada masyarakat lainnya.

Sebelumnya Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Tontowi Jauhari dalam laporannya mengatakan, pembentukan Kampung Zakat di Dusun Sidodadi Desa Besowo Kecamatan Kepung merupakan bagian dari melaksanakan program Gus Menteri Agama yang  mencanangkan terbentuknya 1.000 Kampung Zakat tahun 2023  di seluruh Indonesia.

Tontowi mengungkapkan, sebenarnya ada 5 calon kampung zakat yang diusulkan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, akan tetapi yang disetujui masih hanya satu. Ia yakin dengan adanya kerjasama yang baik dengan BAZNAS Kabupaten Kediri, Lazisnu dan Lazismu, akan terbentuk lagi kampung zakat-kampung zakat lainnya di Kabupaten Kediri.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Kepung dalam sambutannya menyambut baik adanya Kampung Zakat di wilayahnya yang digagas oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Ia berharap dengan adanya Kampung Zakat akan mampu memperbaiki ekonomi masyarakat di daerahnya.

Untuk diketahui, Dusun Sidodadi Desa Besowo Kecamatan Kepung secara geografis berada dibawah kaki gunung Kelud. Tanahnya yang subur, perkebunan dan persawahan yang banyak ditumbuhi rumput-rumput liar, sangat berpotensi besar untuk berternak kambing, sebagai usaha sampingan bagi para petani untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga.( Paulo/SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.