Pembinaan Moderasi Beragama dan Workshop Penyusunan Materi Pembelajaran RA

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri, Sabtu(23/10) memberikan pembinaan Moderasi Beragama bagi peserta Program Pembinaan Keprofesian Berkelanjut(PKB) Kepala dan Guru Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Kediri. Dalam materinya kepala Kantor meminta peserta untuk memahami maksud kalimat moderasi beragama dengan baik dan benar. Karena selama ini masih terjadi banyak pertentangan dikalangan umat beragama, seolah-olah Agama yang dianutlah yang dimoderasi, pada hal itu salah, ujarnya.

   

Yang benar adalah, cara pandang, cara laku kita dalam beragama dalam bingkai Bhinneka tunggal kita dan NKRI, yang harus dimoderasi. Karena telah dibuat konsensus bersama bahkan dimotori oleh para ulama saat mendirikan Negara, bahwa NKRI dibangun atas Kebhinekaan. Artinya berbagai suku, agama dan ras melebur menjadi satu bangsa yakni Indonesia. Untuk itulah toleransi dan saling menghormati merupakan sikap utama kita dalam berbangsa dan bernegara, agar Indonesia tetap aman dan damai dan eksis sepanjang umur dunia, lanjutnya.


Seusai memberikan pembinaan, Kepala Kantor melanjutkan kegiatan pembinaan dan membuka acara Workshop Penyusunan Materi Pembelajaran RA yang digelar oleh IGRA Kabupaten Kediri, yang berlangsung di aula serba guna Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.(hms/Paulo)