Forkopimda dan Kankemenag Kab. Kediri Gelar Doa Bersama Lintas Agama Secara Virtual

Kab. Kediri (Inmas) Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Proklamasi Kemerdekaan Repblik Indonesia  tahun 2021, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kedir  bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Senin(16/8) menggelar Doa Bersama lintas Agama yang dilakukan secara virtual .  Doa dilaksanakan secara live zoom dan live youtube dan diikuti seluruh masyarakat KabupatenKediri.

Sekitar pk.19.00 wib acara dimulai. Acara yang dipandu langsung host dari Dinas Kominfo Kabupaten Kediri ini, diwali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selajutnya Kepala Kantor Kementerian Agam Kabupaten kediri Zuhri, selaku ketua panitia penyelenggara Doa Bersama menyampaikan laporan. Dalam laporannya beliau menghaturkan  ucapan terima  kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Forkopimda Kabupaten Kediri,khususnya  Bupati Kediri dan Kapolres Kediri, yang sangat mendukung dan membantu, sehingga acara doa bersama dapat terlaksana. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya,  kepada para tokoh lintas yang berkenan berpartisipasi dalam kegiatan penting ini. Ia berharap, agar semua umat beragama di Kabupaten Kediri berkenan mengamini doa yang dibawakan para tokoh dari lintas Agama ini,  dan mudah-mudahan  diijabah oleh Allah SWT , sehingga covid 19 dengan varian barunya segera sirna dari bumi nusantara, khususnya Kabupaten Kediri, agar kita kembali melanjutkan pembangunan  mengisi kemerdekaan, ujarnya.

Sementara itu Bupati Kediri dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan wakil Bupati Kediri Dewi Mariyah Ulfa mengatakan, Doa bersama dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76, yang dibawakan para tokoh lintas agama, dan secara serentak diikuti seluruh masyarakat Kabupaten Kediri, menunjukan toleransi, kerukunan dan kebersamaan berjalan baik di Kabupaten Kediri, ujarnya.Beliau berharap agar kedamaian dan kerukunan yang sudah berjalan baik ini, dijaga dan dipertahankan, sehingga dapat melaksanakan pembangunan secara menyeluruh.

Seusai sambutan Bupati Kediri, para tokoh Agama dari masing-masing Agama tampil membawkan doa sesuai dengan tata cara agamanya masing-masimg. Kesempatan pertama diberikan kepada Abd. Kholiq Nawawi dari Agama Islam. Kesempatan kedua diberikan kepada Lilik BonoLelono dari Agama Kristen. Berikutnya adalah Teodorus Endro Sudjatmiko dari Agama Katolik Sejantutnya adalah Yuliono dari Agama Hindu. Lalu berturut –turut adalah Daniel dari Agama Budha, Halim dari Konghucu dan terakhir adalah Suhardi dari aliran kepercayaan.

Walaupun para tokoh agama tersebut membawakan doa sesuai dengan tata cara agama masing-masing, namun ujud doa ketujuh tokoh agama tersebut hampir sama, yakni mensyukuri anugerah 76 Kemerdekaan RI, memohon agar kerukunan, kedamaian dan toleransi di bumi pertiwi tetap terjaga dengan baik, serta memohon kepada Allah SWT Tuhan yang maha pengasih agar wabah Corona segera lenyap dari KabupatenKediri dan seluruh wilayah Indonesia. (Humas)