9 Januari 2025

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Upaya MTsN 2 Kediri Menuju Madrasah Digital

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas)Digitalisasi Madrasah di MTsN 2 Kediri terus berkembang sebagai upaya meningkatkan kualitas Pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi pendidikan madrasah guna menunjang transformasi menuju madrasah era digital. Program madrasah digital ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan layanan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal, berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Selain itu, setiap madrasah diharapkan memiliki program khas yang menjadi identitas tersendiri, sehingga dapat memberikan daya tarik dan keunggulan kompetitif.
Salah satu inisiatif yang sudah diterapkan sebagai madrasah digital di MTsN 2 Kediri sebagai berikut:
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTsn 2 Kediri, secara online dilaksanakan sejak tahun 2011 baik melalui program jalur prestasi, unggulan, keagamaan (Ma’had), ataupun jalur regular. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan transparasi, efisiensi, dan akuntabilitas dalam proses penerimaan siswa baru.
Pengembangan perpustakaan digitalisasi, yang memberikan layanan perpustakaan kepada siswa sekaligus meningkatkan budaya literasi peserta didik di MTsN 2 Kediri. Koleksi fisik perpustakaan seperti buku, jurnal, dan dokumen lainya menjadi format digital yang dapat diakses secara elektronik. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan preservasi bahan perpustakaan.
Selain itu, MTsN 2 Kediri juga mengimplementasikan Rapor Digital Madrasah (RDM), sebuah aplikasi yang mendukung program madrasah digital di Kementerian Agama. RDM bertujuan untuk mewujudkan madrasah berbasis digital dengan pemanfaatan teknologi informasi secara optimal, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan penilaian hasil belajar, serta memberikan layanan data secara cepat, tepat, dan akurat kepada seluruh warga madrasah.
Asesmen Madrasah (AM) atau Asesmen Nasional (AN) yang bertujuan meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi evaluasi nasional. Selain itu, madrasah juga memberikan bimbingan untuk ujian Akhir Madrasah (UAM) dan Ujian Akhir Madrasah Bersetandar Nasional (UAMBN) guna memastikan kesiapan siswa dalam ujian tersebut. Juga mengukur pencapaian hasil belajar siswa sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan.
Selain itu MTsN 2 Kediri juga menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi (IT) disemua kelas. Langkah ini sejalan dengan upaya digitalisasi dalam proses pembelajaran, yang diharapkan dapat meningkatkan intraksi dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan.
Menerapkan sistem absensi digital menggunakan QR-Code. Siswa melakukan presensi dengan memindai kode QR pada kartu identitas mereka, yang membantu meningkatkan disiplin dan adaptasi terhadap teknologi modern. alat absensi digital berbasis kartu siswa yang dilengkapi dengan teknologi RFID. Sistem ini memungkinkan pencatatan kehadiran secara otomatis saat siswa memasuki area sekolah, meningkatkan efisiensi waktu dan akurasi data kehadiran.
ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) MTsN 2 Kediri sejak tahun 2022 juga menggunakan CBT (Computer Basic Test) dengan Aplikasi RUSH. Hal ini daapat mempermuah guru mengolah nilai daan siswa-siswi mengerjakan soal dengan mdel soal Pilihan ganda, Pilihan Komplek, Menjodohkan an bentuk soal benar dan salah.

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen MTsN 2 Kediri dalam mewujudkan madrasah digital yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, guna meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan kepada peserta didik demikian Penuturan Agus Gunawan,M.Pd.I.Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kediri. (Humas)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.