22 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Sambut Tahun Baru1446 Hijryah, Dalam Bingkai Moderasi Beragama

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas) Dalam rangka memperingati tahun baru 1446 Hijriah, KUA Kecamatan Wates dan Ngancar Kabupaten Kediri bersama ujung tombaknya yakni Penyuluh Agama Islam, bekerjasama dengan Ormas NU, Muhammadiyah, & LDII serta Pokja Kampung Moderasi Beragama (KMB) Sugihwaras Ngancar menggelar kegiatan bareng berupa Pawai Ta’aruf dan Jalan Sehat. Kegiatan yang menggandeng seluruh ormas Islam dan Pokja KMB ini bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah intern umat Islam dengan tema utama “Moderasi Beragama”.
Pawai yang diselenggarakan pada Sabtu, 6 Juli 2024 dihadiri oleh oleh MUSPIKA setempat dan seluruh pimpinan ormas Islam. Pemberangkatan acara Pawai Ta’aruf diawali dengan sambutan oleh Kepala KUA Wates, M. Fauzan, S.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada semua undangan, semua ormas dan seluruh peserta. Besar harapan akan terciptanya persaudaraan yang kuat dalam perbedaan yang indah.
Pawai Ta’aruf diikuti oleh sejumlah 200 armada kendaraan hias dari seluruh Ormas Islam beserta badan otonomnya, Lembaga Pendidikan RA/TA/TK, MI/SD, MTs/SMP, MA/SMU/SMK baik negeri maupun swasta, Pondok Pesantren, TPQ, Majelis Ta’lim, Takmir masjid dan musholla. Dengan mengelilingi wilayah kecamatan Wates peserta pawai dinilai dalam 3 kriteria terindah, terkreatif, dan terunik. Kriteria peserta terindah diraih oleh TK Aisiyah Bustanul Athfa Tawang, peserta terkreatif dari Fatayat NU Ranting Joho; dan peserta terunik dari PAC LDII Beji Wonorejo Wates. Tropi bagi peserta tersebut diserahkan oleh Ketua IPARI Kab. Kediri, Alfiatu Solikah.
Sedangkan kegiatan Jalan Sehat dilaksanakan pada hari Ahad, 7 Juli 2024 di Kampung Moderasi Beragama Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar. Seluruh jajaran MUSPIKA, Pokja KMB Sugihwaras dan Ketua Ormas Islam hadir dalam kegiatan ini. Kepala KUA Kec. Ngancar, Nurhadi Widiyanto, S.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan tahun baru 1446 Hijriyah yang dilaksanakan di KMB Sugihwaras ini bertujuan agar peserta jalan sehat dapat mengambil i’tibar dari peristiwa hijrah Rosul saw untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari hijrah spiritual dan intelektual, hijrah dari kekufuran menuju keimanan, hijrah dari kebodohan menuju peningkatan ilmu serta hijrah dari pecah belah menuju ukhuwah, toleransi dan tolong menolong.
2.000 peserta dengan bahagia, semangat dan ceria melangkah bersama berawal dari start Kampung Nanas berjalan naik menuju finish pos I masuk wisata gunung Kelud. Sesampai finish peserta menikmati hiburan gambus balasyik, yang merupakan jamuan dari tuan rumah Kampung Moderasi Beragama Sugihwaras. Kepala Desa KMB Sugihwaras, Mariana DN mengungkapkan rasa bahagianya menerima kehadiran tamu dari seluruh Kecamatan Ngancar, untuk jalan sehat menikmati segar dan sejuknya udara lereng Kelud. Semoga umat Islam semakin rukun. Selamat Tahun Baru 1446 Hijriyah semoga Umat Islam semakin Moderat, demikianlah akhir sambutannya. (PL/Al)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.