20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag Kabupaten Kediri Gagal Melihat Hilal Akibat Cuaca Buruk

1 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas) Tim Badan Hisab Rukyat dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, hari Jumat (7/6) melakukan pemantauan hilal. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah Tahun 1445H. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil akibat kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Hadir dalam kegiatan Rukyatul Ini antara lain, Kasubbag TU M.. Tontowi Jauhari, Kasi Bimas Islam Agus Salim, Kepala MAN 3 Kediri Jamiluddin, serta perwakilan dari Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah dan LDII.

Pemantauan hilal di lakukan di markas Rukyatul hilal MAN 3 Kediri. Namun, awan tebal menghalangi pandangan tim. Meskipun peralatan canggih telah dipersiapkan, faktor cuaca membuat hilal tetap tidak terlihat.

Ketua Tim pemburu hilal Gus Reza menyatakan bahwa pihaknya sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan, termasuk kendala cuaca.

“Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, tetapi cuaca memang faktor yang tidak bisa kita kendalikan. Meskipun hilal tidak terlihat, kami tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Kasi Bimas Islam Agus Salim meminta Tm Badan Hisab Rukyat tidak putus asa dan tetap akan melaporkan hasil pemantauan ini ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan awal bulan Dzulhijjah.( Paulo/Pras/ Indra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.