20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Peringati HUT IPARI ke-1 : Pokja PAI Kab. Kediri Gelar Penanaman Seribu Pohon dengan Tema “Lindungi Bumi Penuhi Gizi”

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas)Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) yang pertama, Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokja PAI) Kabupaten Kediri menggelar kegiatan penanaman seribu pohon yang secara serentak dilaksanakan di 26 KUA di Kabupaten Kediri. Kegiatan penanaman seribu pohon ini merupakan bagian dari pelaksanaan penanaman sejuta pohon yang digagas oleh IPARI Pusat, yang merupakan tindak lanjut dari SE Menteri Agama RI nomor 2 tahun 2024 dimana salah satu pointnya meminta Penyuluh Agama dan Penghulu berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program prioritas Pemerintah. Dalam SE tersebut ada empat program Pemerintah yang diharapkan Menteri Agama agar Penyuluh Agama dan Penghulu terlibat aktif dalam menyukseskannya. Keempat program Pemerintah itu antara lain, Penurunan Stunting, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan yang mengusung tema “”Lindungi Bumi Penuhi Gizi” ini secara simbolis berlangsung di Masjid Al Mahmud Adam Mukti Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.

Acara dimulai dengan pembacaan doa dan sambutan dari Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Agus Salim. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya kesadaran lingkungan dan pemenuhan gizi sebagai bagian integral dari kehidupan berkelanjutan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi yang seimbang,” ujarnya.

Kasub. Bag TU yang turut hadir dalam acara ini memberikan apresiasi atas inisiatif yang dilakukan oleh para penyuluh agama. Dalam sambutannya, beliau menegaskan pentingnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup.

“Penanaman sejuta pohon yang digagas IPARI Pusat dan ditindaklanjuti oleh rekan-rekan Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Kediri perlu diacungi jempol. Karena kegiatan ini tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga pada peningkatan kualitas udara dan ketersediaan sumber pangan yang bergizi,” ungkapnya.

Setelah acara seremonial, dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon yang secara simbolis dilakukan oleh Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam, Kepala KUA Kecamatan Banyakan, Babinsa dan Bimkamtibmas Desa Manyaran, dan diikuti secara serentak di 25 KUA lainnya di Kabupaten Kediri.

Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya melibatkan Penyuluh dan Penghulu, akan tetapi juga melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, dan warga setempat. Mereka dengan antusias menanam berbagai jenis bibit pohon, mulai dari pohon buah-buahan, tanaman pelindung, hingga tanaman hias yang diharapkan dapat memperindah lingkungan sekitar

Selain penanaman pohon, acara ini juga diisi dengan penyerahan bantuan paket sembako dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri kepada 25 kaum dhuafa di Desa Manyaran.( Paulo/Pras/Indra)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.