20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kabupaten Kediri: Jamaah Haji Lansia, Sakit, dan Pengguna Kursi Roda Memulai Rangkaian Ibadah Haji dengan Umrah Wajib

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab.Kediri, Minggu Malam (2/6)sekitar pk. 22.30 WAS, Jamaah haji Kabupaten Kediri yang lansia dan pengguna kursi roda memulai rangkaian ibadah haji mereka dengan melaksanakan umrah wajib. Proses ini diawali dengan niat ihram yang dilakukan di atas pesawat saat melewati Yalamlam, salah satu miqat atau titik awal pelaksanaan ibadah haji.

Hal ini disampaikan oleh Sulthonudin Aziz Ketua Kloter 73 langsung dari Mekkah Arab Saudi.

Sulthon mengungkapkan, setibanya di Mekkah, para jamaah melanjutkan rangkaian ibadah dengan melakukan thawaf, yakni mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Meskipun banyak dari mereka dalam kondisi fisik yang terbatas, semangat dan ketulusan hati mereka untuk beribadah tampak jelas. Dibantu oleh petugas yang terdiri dari ketua Kloter, Kyai Kloter dan Tim kesehatan kloter, para jamaah dapat menyelesaikan thawaf dengan penuh kekhusyukan, terangnya.

Setelah thawaf, jamaah melanjutkan dengan sa’i, yaitu berjalan tujuh kali antara bukit Safa dan Marwah. Bagi yang menggunakan kursi roda, pelaksanaan sa’i dilakukan dengan bantuan petugas, memastikan mereka dapat menjalani ibadah ini dengan nyaman dan aman, tambahnya.

Rangkaian umrah wajib ini diakhiri dengan tahallul, yaitu memotong sebagian rambut sebagai tanda berakhirnya ihram. Pelaksanaan ibadah ini berlangsung hingga dini hari dan berakhir dengan shalat Subuh pagi.Setelah itu jama’ah haji kembali ke maktab untuk beristirahat.

Sulthonudin Aziz, menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas kelancaran ibadah yang dilakukan oleh jamaah lansia dan pengguna kursi roda.

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian umrah wajib dapat diselesaikan dengan baik. Ini adalah bukti bahwa dengan niat dan tekad yang kuat, Allah SWT memberikan kemudahan dalam setiap langkah ibadah kita,” ujarnya.

Dengan selesainya umrah wajib ini, jamaah haji dari Kabupaten Kediri siap melanjutkan rangkaian ibadah haji lainnya. Mereka berharap dapat menjalani seluruh proses ibadah dengan lancar dan mendapatkan berkah serta ridho Allah SWT.

Semoga semangat dan keteguhan para jamaah ini menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menunaikan ibadah dan kewajiban kita sebagai umat Muslim. Demikian laporan dari Ketua Kloter 73, Sulthonudin Aziz, dari Mekkah, Arab Saudi.( Paulo/Pras/ Indra)

*KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.