20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Jemaah Haji Kabupaten Kediri Jalani Serangkaian Pemeriksaan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas) Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, jemaah haji asal Kabupaten Kediri yang tergabung dalam empat kloter harus melewati serangkaian tahapan pemeriksaan. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan dokumen seperti paspor dan visa, serta pemeriksaan barang bawaan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Seluruh proses pemeriksaan ini dilakukan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dengan pengawasan ketat dari petugas haji dan otoritas terkait. Tujuannya adalah memastikan bahwa para jemaah siap secara fisik, administratif, dan logistik sebelum mereka memulai perjalanan suci mereka.

Tahapan pertama yang harus dilalui adalah pemeriksaan kesehatan. Para jemaah menjalani pemeriksaan medis menyeluruh untuk memastikan mereka dalam kondisi fit untuk menunaikan ibadah haji. Pemeriksaan ini mencakup pengecekan tekanan darah,dan evaluasi kondisi kesehatan secara umum.

Setelah pemeriksaan kesehatan, Jemaah haji melanjutkan ke tahapan pemeriksaan dokumen. Pihak imigrasi sebagai otoritas yang menanggani dokumen perjalanan, ingin memastikan bahwa setiap jemaah memiliki paspor, visa, dan dokumen perjalanan lainnya yang lengkap dan sah. Proses ini dilakukan dengan teliti untuk menghindari masalah administrasi yang bisa menghambat keberangkatan.

Tahapan terakhirr adalah pemeriksaan barang bawaan. Petugas dari bandara memeriksa setiap barang yang dibawa oleh jemaah untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang dibawa dalam penerbangan. Barang-barang seperti cairan , benda tajam, dan barang-barang yang dianggap berbahaya dalam penerbangan harus ditinggalkan.

Setelah melewati semua tahapan pemeriksaan ini, jemaah haji langsung menaiki bus yang telah disiapkan oleh Panitia Haji, dan siap diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Embarkasi Juanda Surabaya. Mereka berangkat dengan harapan dan doa agar dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar, kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

Saat berita ini diturunkan, seluruh Jamaah Haji Kabupaten Kediri yang tergabung dalam kloter 73, 74, 75 dan 76 telah diberangkatkan ke tanah suci.Keberangkatan ini diawali oleh kloter 73 pada hari Jumat (31/5) pk. 21.00 wib. Disusul kloter 74 pada hari Sabtu (1/6) pk. 00.15 wib. Selanjutnya kloter 75 pada pk. 04.05 wib dan kloter 76 merupakan kloter terakhir yang keluar dari asrama haji Sukolilo Surabaya pk. 12.30 wib. Petugas kesehatan dan pendamping ikut dalam tiap-tiap kloter untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para jemaah selama perjalanan dan selama berada di Tanah Suci.( Paulo/Pras/ Indra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.