20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Sambut Gerakan Hari Sejuta Kiblat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Gelar Pengukuran Arah Kiblat di 27 Titik Lokasi

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas) Dalam rangka menyambut Gerakan Hari Sejuta Kiblat, Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kediri mengadakan pengukuran arah kiblat berdasarkan bayang-bayang matahari. Kegiatan ini dilaksanakan di 27 titik lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kediri.

Pengukuran arah kiblat merupakan upaya untuk memastikan bahwa umat Muslim dapat melaksanakan ibadah salat dengan menghadap ke arah Ka’bah di Makkah. Dalam Islam, mengetahui arah kiblat adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Oleh karena itu, Kankemenag Kabupaten Kediri mengambil inisiatif untuk mengukur arah kiblat secara akurat dan menyediakan informasi yang mudah diakses oleh masyarakat.Kegiatan pengukuran ini melibatkan Penyuluh Agama Islam dan Pegawai KUA yang ada di Kabupaten Kediri.

Pengukuran arah kiblat dilakukan tepat pk. 16.18 wib dengan memanfaatkan peristiwa “Rashdul Kiblat”. Pada saat matahari melintas tepat di atas Ka’bah, bayang-bayang benda akan lurus ke arah kiblat. Tim Kemenag Kabupaten Kediri menggunakan alat bantu seperti kompas dan perangkat teknologi modern untuk mengukur sudut antara arah matahari dan arah kiblat di setiap Lokasi. Lokasi tersebut meliputi Masjid dan Musholla yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kediri.

Gerakan Hari Sejuta Kiblat ini merupakan inisiatif nasional yang digagas oleh Kementerian Agama RI untuk meningkatkan kesadaran umat Islam akan pentingnya arah kiblat yang akurat. Kabupaten Kediri menjadi salah satu daerah yang aktif mendukung gerakan ini dengan menggelar berbagai kegiatan edukatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan seluruh masjid dan mushola di Kabupaten Kediri memiliki arah kiblat yang tepat sehingga dapat mendukung kualitas ibadah umat Islam di daerah ini. KanKemenag Kabupaten Kediri berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan pengukuran arah kiblat secara berkala guna memastikan ketepatan arah kiblat di wilayahnya.(Paulo/Pras/ Indra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.