20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Bupati Kediri Lepaskan Jama’ah Haji, Minta Jama’ah Saling Menjaga dan Peduli

2 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri (Inmas) Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Selasa (21/5) secara resmi melepas rombongan jama’ah haji asal Kabupaten Kediri musim haji Tahun 2024. Upacara pelepasan yang berlangsung di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri ini dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Forkompinda Kabupaten Kediri, Kepala Kantor Imigrasi Kediri, Pimpinan Ormas Islam Kabupaten Kediri,serta beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Hanindhito mengingatkan para jama’ah haji untuk selalu menjaga kesehatan dan kekompakan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

“Ibadah haji adalah perjalanan spiritual yang penuh tantangan. Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh jama’ah untuk saling menjaga dan peduli satu sama lain. Kebersamaan dan rasa saling membantu akan sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai kondisi yang mungkin terjadi selama di sana,” ujarnya.

Bupati juga menekankan pentingnya mematuhi arahan dari petugas haji agar pelaksanaan ibadah dapat berjalan lancar dan khidmat. “Patuhilah segala petunjuk dan aturan yang diberikan oleh petugas haji. Mereka ada untuk membantu dan memastikan perjalanan ibadah Anda berjalan sesuai dengan rencana,” tambahnya.

Selain itu, mas Bup sapaan akrabnya, berpesan kepada jama’ah untuk tetap menjaga nama baik Indonesia dan Kabupaten Kediri khususnya.

“Tunjukkan sikap yang baik, ramah, dan santun sebagai cerminan dari budaya bangsa kita. Kita harus mampu menjadi duta yang baik bagi negara kita di mata dunia internasional,” tuturnya.

Bupati Kediri berharap dan mendoakan, semoga keberangkatan jama’ah haji tahun ini (2024:red) berjalan dengan lancar, dan seluruh jama’ah dapat kembali ke tanah air dengan selamat serta membawa predikat haji yang mabrur.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz dalam laporannya menyampaikan bahwa, sebanyak 1.137 Jama’ah Haji Kabupaten Kediri akan melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Mereka terdiri dari 1.110 Jama’ah Haji Reguler, 15 Petugas Kloter, 5 orang Pembimbing Haji Daerah, dan 4 orang Pembimbing KBIHU, ungkapnya.

Beliau juga melaporkan bahwa, dari 1.137 Jama’ah Haji tersebut, tiga Jamaah Haji telah mendahului kloter Kabupaten Kediri ke tanah suci. Mereka merupakan jama’ah haji cadangan yang mendapatkan porsi berangkat. Ketiga Jamaah Haji tersebut, 1 orang bergabung dengan kloter 28 dari Kabupaten Malang, satu orang lagi kloter 32 dari Kabupaten Probolinggo, dan satunya lagi bergabung dengan kloter 38 dari Kabupaten Jember, terangnya.

Upacara pelepasan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Gus Faruq, berharap agar seluruh jama’ah diberi kesehatan, kekuatan, dan kelancaran dalam menjalankan rangkaian ibadah haji. ( Paulo/ Pras/ Indra)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.