13 April 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

KUA Kecamatan Ngasem Adakan Pelatihan Kalibrasi Arah Kiblat bagi Penyuluh Agama Islam

1 min read

Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri ( Inmas ) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, hari Kamis (14/3) menggelar pelatihan kalibrasi arah kiblat yang berlangsung di gedung MWC NU Kecamatan Ngasem. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para penyuluh, sehingga diharapkan nantinya mereka mampu mengkalibrasi arah kiblat Masjid dan mushalla di wilayahnya masing-masing.

Kepala KUA Kecamatan Ngasem M. Zulfa Irsyad menyatakan bahwa, pelatihan ini sangat penting mengingat peran strategis para penyuluh agama dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat terkait ibadah.

“Dalam melaksanakan ibadah, mengetahui arah kiblat yang benar merupakan hal yang sangat fundamental. Oleh karena itu, kami mengadakan pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi para penyuluh agama,” ujarnya.

Pelatihan tersebut diikuti oleh puluhan penyuluh agama Islam yang bertugas di berbagai Desa di Kecamatan Ngasem, Kecamatan Gampengrejo dan Kecamatan Tarokan. Materi yang disampaikan meliputi metode penentuan arah kiblat menggunakan kompas, penggunaan aplikasi digital, dan pemahaman terhadap berbagai situasi yang mungkin dihadapi di lapangan.

Salah seorang peserta pelatihan Eny Masdiana, menyambut baik inisiatif KUA Kecamatan Ngasem dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

“Dengan pemahaman yang lebih baik tentang arah kiblat, kami sebagai penyuluh agama dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujarnya.(Paulo/Pras/Indra)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.